Analisis Latar Belakang Pendidikan Guru BK dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP

Raudah Zaimah Dalimunthe(1*), Ahmad Wildan Hilmi(2), Nurul Rahmania(3), Siti Nurhalimah(4), Fitri Saqinah Ramadani(5), Sandrina Shafa Mulia(6)

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(4) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(5) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(6) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Sari


This study aims to determine the implementation of guidance and counseling services based on the educational background of guidance and counseling service teachers in one of the junior high school in Serang City. This research method is a case study qualitative research used to answer questions on the phenomenon studied in depth to find out the patterns that arise in the phenomenon. The data analysis technique used in this research is narrative analysis technique. This research discusses the phenomenon of educational background in providing guidance and counseling services in school. The data in this study were obtained from interviews with four guidance and counseling teachers at school. The results show that there are differences in the implementation of guidance and counseling services based on the educational background of guidance and counseling teachers. Future researchers are expected to examine differences in the background of guidance and counseling service teachers in several school in order to get more information about the influence of the educational background of guidance and counseling service teachers on the implementation of guidance and counseling services.

 _____________________________________________________________

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling berdasarkan latar belakang pendidikan guru layanan bimbingan dan konseling di salah satu SMP di Kota Serang.  Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus digunakan untuk menjawab pertanyaan pada fenomena yang dikaji secara mendalam untuk mencari tahu pola-pola yang muncul pada fenomena tersebut. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis naratif. Penelitian ini membahas fenomena latar belakang pendidikan dalam memberikan layanan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Data pada penelitian ini diperoleh dari wawancara kepada empat guru bimbingan dan konseling di sekolah. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam pelaksanaan layanan layanan bimbingan dan konseling berdasarkan latar belakang pendidikan guru bimbingan dan konseling. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan meneliti perbedaan latar belakang guru layanan bimbingan dan konseling di beberapa sekolah agar lebih banyak mendapatkan informasi mengenai pengaruh latar belakang pendidikan guru layanan bimbingan dan konseling terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling.


Kata Kunci


Latar Belakang Pendidikan, Pelaksanaan Layanan, Bimbingan dan Konseling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, N. W., Yuline, Y., & Wicaksono, L. Analisis pemahaman fungsi bimbingan konseling pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(2).

Anggraini, C. M. (2016). Konselor. Diakses tanggal 22 November 2023, dari: https://citramanggraini.blogspot.co.id/2016/12/konselor.html

Bahri, S. (2020). Studi Evaluasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Pencerahan, 14(1), 39-61.

Barida, M., & Muarifah, A. (2019). Perbedaan kinerja guru bimbingan dan konseling dalam menyelenggarakan konseling individual ditinjau dari latar belakang pendidikan dan pengalaman bekerja. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 22.

Embet, E., Harapan, E., & Putri, R. D. (2021). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pelaksanaan Layanan pada Siswa SMK Negeri 1 Benakat. Jurnal Wahana Konseling, 4(1), 46-57.

Fitria, D., dkk. (2022). Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Siak Hulu. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5263-5268.

Hasibuan, M. F., Jamila, J., & Nasution, I. S. (2020). Pelatihan penyusunan program layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kompetensi bagi guru bimbingan dan konseling di SMP. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 49-53.

Hotmauli, M. (2021). Penerapan kode etik konseling oleh guru bimbingan dan konseling non BK. Journal Scientific Of Mandalika (JSM), 2(12), 605-611.

Isari, V., Efendi, Z. M., & Suhaili, N. (2017). Perbedaan latar belakang pendidikan dan masa kerja guru bimbingan dan konseling terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling format klasikal. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 1(1), 21-29.

Maria Anjaryani, A. dan Noor Edwina, T. (2020). Motivasi Belajar Pada Siswa Asli Papua Terhadap Implementasi Pendidikan Karakter. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), hal. 120–125. https://doi:10.31316/g.couns.v4i1.460

Mulyani, U., & Irman, I. (2023). Penerapan Kode Etik Konseling Guru BK Latar Belakang Non Pendidikan BK dalam Melaksanakan Layanan BK di Sekolah. Journal on Teacher Education, 4(3), 42-50.

Mustika, D., Muji, A. P., & Iswari, M. (2022). Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 1481-1487.

Nursalim, M. (2022). Implikasi kebijakan merdeka belajar bagi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 3(1), 19-25.

Permana, E. J. (2015). Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara. Psikopedagogia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 143-151.

Permana, S. A., Syahniar, S., & Daharnis, D. (2016). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kerinci. Konselor, 3(4), 168-179.

Sapriandi, S., Amri, A., & Nurdin, S. (2018). Kesulitan yang dihadapi Guru BK yang Berlatar Pendidikan Non BK dalam Menangani Masalah Siswa. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(2).

Supriyadi, R. et al. (2018) “Analisis Kinerja Pembangunan - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) ditinjau dari Aspek Pembangunan Pendidikan di Provinsi Papua Barat,” Bappenas Working Papers, 1(1), hal. 104–124. https://doi:10.47266/bwp.v1i1.14

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Implementasi bimbingan dan konseling di sekolah dalam kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138-146.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i2.12916

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.