Konseling Kelompok Self-Management Untuk Mereduksi Hubungan Parasosial
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Sari
This research was motivated by several findings of problems in schools related to parasocial relationship behavior. Based on findings from various sources and observations, it turns out that this behavior has a big influence on students' social interactions at school. The aim of this research is to help students reduce parasocial relationship behavior by using self-management techniques. This research uses a quantitative approach with the Single Subject Research (SSR) method and uses an A-B-A reversal design. Respondents numbered 600 people who were class XI students at SMA Negeri Sumedang. The instrument used is a parasocial relationship scale with 24 items. The results of data collection show that there are 4 students who have a tendency to behave in parasocial relationships. So the four students were used as research subjects using self-management group counseling. Based on the results of the analysis that has been carried out, it shows that group counseling with self-management techniques has an effect in reducing the tendency for parasocial relationship behavior.
_____________________________________________________________
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa temuan permasalahan di sekolah yang berkaitan dengan perilaku hubungan parasosial. Berdasarkan temuan dari berbagai sumber dan observasi ternyata perilaku tersebut sangat berpengaruh terhadap interaksi sosial siswa disekolah. Tujuan penelitian ini untuk membantu siswa mengurangi perilaku hubungan parasosial dengan menggunakan teknik self management. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain reversal A-B-A. Responden berjumlah 600 orang yang merupakan siswa kelas XI SMA Negeri Sumedang. Instrumen yang digunakan merupakan skala hubungan parasosial (Parasocial relationship) yang berjumlah 24 item. Hasil pengumpulan data menunjukan bahwa terdapat 4 siswa yang memiliki kecenderungan perilaku hubungan parasosial. Sehingga empat siswa tersebut dijadikan sebagai subjek penelitian dengan menggunakan konseling kelompok self management. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh dalam menurunkan kecenderungan perilaku hubungan parasosial.Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Cohen, J. (2014). Current research on fandom, parasocial relationships, and identification. Media and social life, 142-156.
Grossberg, et al. (2006). Media Making: Mass Media in a Popular Culture. SAGE Publication.
Asrianti. (2016). Teknik Self Management. Makasar: E Prints.
Kartadinata, S. (2011). Menguak Tabir: Bimbingan dan Konseling sebagai Upaya Pedagogis. Bandung: UPI PRESS.
Kartadinata, S. (2 Mei 2015). “Revolusi Pendidikan” Harian Umum Pikiran Rakyat.
Pertiwi, A. (2017). Hubungan Keterdedahan Tayangan Televisi dengan perilaku Remaja. Karya Ilmiah IPB.
Prahmana, I. (2021). Single Subject Research. Yogyakarta; UAD Press.
Rahmi, J., Romlah, S. N., Listiana, I., Handayani, P., Darmayanti, D., Arimurti, I. S., ... & Kasumawati, F. (2020). Kesehatan ibu dan anak di era pandemi corona virus disease (COVID-19). Jam: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1).
Stever, G. S. (2013). Mediated vs. parasocial relationships: An attachment perspective. Journal of Media Psychology, 17(3), 1-31.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, S. (2015). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung; PT Remaja Rosdakaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i2.12876
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.