Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Kecemasan Karir Siswa Kelas XI SMK Madinatul Ulum
(1) Universitas Islam Jember, Indonesia
(2) Universitas Islam Jember
(3) Universitas Islam Jember
(*) Corresponding Author
Sari
This study aims to examine the effect of cognitive resolution technique group counseling on the career anxiety of class XI students at Madinatul Ulum Vocational School. This research is quasi-experimental. The respondents studied were 16 out of 60 students taken using a systematic sampling method. The data collection method used in this research is the questionnaire and documentary method. The instrument used in this research is a career anxiety scale questionnaire which contains 29 questions. Data analysis used the Wilxocon Signed Rank Test and the Mann Whitney Test with the help of the SPSS version 26 application. The results of this study stated that there was an influence of cognitive adjustment technique group counseling on the career anxiety of class XI students at Madinatul Ulum Vocational School. It was found that there was a difference in the average post-test score for career anxiety in the experimental group and the control group. It is recommended for future researchers to consider the individual factors of each respondent such as activeness, student seriousness, and consider every aspect of each indicator in order to obtain appropriate and optimal results.
_____________________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif terhadap kecemasan karir siswa kelas XI SMK Madinatul Ulum. Penelitian ini merupakan kuasi-eksperimental. Responden yang diteliti sebanyak 16 dari 60 siswa yang diambil dengan menggunakan metode sampling sistematis. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumenter, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala kecemasan karir yang berisi 29 butir soal. Analisa data menggunakan Uji Wilxocon Signed Rank Test dan Uji Mann Whitney dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif terhadap kecemasan karier siswa kelas XI SMK Madinatul Ulum. Ditemukan adanya perbedaan rata-rata nilai post-test kecemasan karir pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Direkomendasikan bagi peneliti selanjutnya untuk mempertimbangkan faktor individual dari masing-masing responden seperti faktor keaktifan, keseriusan siswa, dan mempertimbangkan setiap aspek dari masing-masing indikator agar mendapatkan hasil yang sesuai dan lebih maksimal lagi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adhiputra, N. (2015). Konseling Kelompok Perspektif Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Akademi.
Afiatin, T., & Martaniah, S. M. (1998). Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Konseling Kelompok. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 3(6). https://doi.org/10.20885/psikologika.vol3.iss6.art6
Afradipta, D. (2021). Restrukturisasi kognitif untuk mengurangi gejala kecemasan pada wanita yang mengalami premenopause. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 9(1), 35–40. https://doi.org/10.22219/procedia.v9i1.15688
Agustin, N. (2019). Pengaruh Terapi Salat Dhuha Dalam Mengurangi Kecemasan Karir Masa Depan Siswa Di SMA Muhammadiyah 8 Gresik. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Azhari, A., & others. (2020). Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kesadaran Pendidikan. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 48–59.
Faruq, F., Fadjaritha, F., Hertanto, A., & Lestari, S. (2022). Penguatan Karakter Kerja Keras dan Tanggung Jawab pada Karir Siswa SMK melalui Dukungan Sosial dari Ayah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 762. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5509
Habsy, B. A., & Suryoningsih, M. (2022). Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Karir Siswa SMK, Efektifkah?. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 6(2), 46-51.
Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kematangan Karir. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 35–46.
Mariah, W., Yusmami, Y., & Pohan, R. A. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Karir Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(2), 60. https://doi.org/10.37064/consilium.v7i2.8164
Maulana, U. I. N., & Ibrahim, M. (2020). Halaman Sampul Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 2020.
Muwakhidah, M., & Pravesti, C. A. (2017). Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy untuk Mengurangi Keraguan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 66–75. https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p066
Safaruddin, S. (2020). Teori Belajar Behavioristik. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(2), 119–135. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i2.239
Saphira, N. A. D. I. A. (2020). Cognitive Behavior Therapy (CBT) dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa di Bahagian Kauneling Universiti Putra Malaysia (BKUPM). BKI UIN Sunan Kalijaga, 53.
Sugiharto, D. Y. P. (2012). Konseling Kelompok Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2).
Wicaksana, A. (2016). Teori dan Pendekatan CBT. Diakses dari: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i2.12599
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.