Bimbingan Dan Konseling, Tes Psikologis, dan Keterampilan Kepemimpinan Sangat Diperlukan Dalam Mempersiapkan Generasi Emas

Sutirna Sutirna(1*), Ramdhan Witarsa(2)

(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau
(*) Corresponding Author

Sari


The purpose of this study is to provide input on the importance of psychological testing, the provision of guidance and counseling services, and the ability of mandatory skills for future leaders. This study uses a survei approach to students to be asked for opinions about the need for psychological tests, providing guidance and counseling services and leadership skills that must be possessed by a leader. The research subjects are fifth semester students at Singaperbangsa Karawang University who have received guidance and counseling courses. The data collection technique uses a survei through google form and data processing is directly taken from google form by using percentage figures. The results of this survei research concluded that psychological tests, providing guidance and counseling assistance are very necessary for future leaders and the main skills that must be possessed by prospective leaders are qualified leadership skills. This is also reinforced by the results of descriptive hypothesis testing using the SPSS software program which produces sig. (2 tailed) is 0.023, because 0.023 < 0.05 then based on the hypothesis testing criteria it is accepted or in other words that guidance and counseling, psychological tests, and leadership skills are really needed for future leaders.

___________________________________________________________

Tujuan penelitian ini ingin memberikan masukan tentang pentingnya tes psikologis, pemberian layanan bimbingan dan konseling, dan kemampuan keterampilan wajib bagi calon seorang pemimpin di masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei kepada mahasiswa untuk diminta pendapat tentang perlukah tes psikologi, pemberian layanan bimbingan dan konseling serta keterampilan kepemimpinan yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester lima di Universitas Singaperbangsa Karawang yang telah memperoleh mata kuliah bimbingan dan konseling. Teknik pengumpulan data menggunakan survei melalui google form dan pengolahan data secara langsung diambil dari google form dengan menggunakan angka persentase. Hasil penelitian survei ini disimpukan bahwa tes psikologi, pemberian bantuan bimbingan dan konseling sangat diperlukan bagi calon pemimpin masa depan serta keterampilan utama yang harus dimiliki oleh calon pemimpin adalah keterampilan kepemimpinan yang mumpuni. Hal ini juga diperkuat oleh hasil pengujian hipotesis deskriptif dengan menggunakan program lunak SPSS menghasilkan sig. (2 tailed) sebesar 0,023, karena 0,023 < 0,05 maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis diterima atau dengan kata lain bahwa bimbingan dan konseling, tes psikologi, dan keterampilan kepemimpinan sangat dibutuhkan untuk pemimpin dimasa depan.


Kata Kunci


Tes Psikologi, Bimbingan dan Konseling, Keterampilan Kepemimpinan, Masa Emas Indonesia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditiyawarman. (2019). Kriteria kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas demokrasi. Moderat, 5(2), 64–79.

Arif. (2022). Keterampilan Kepemimpinan yang Harus Dimiliki Semua Orang. Diakses dari: https://energipersona.com/keterampilan-kepemimpinan/

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) (IV). PT Rineka Cipta.

Content, T. (2022). Keterampilan Kepemimpinan Paling Penting yang Harus Dimiliki Setiap Orang. Diakses dari: https://borobudurtraining.com/free-resources/30-kumpulan-artikel/1440-keterampilan-kepemimpinan-paling-penting

Dewantara, A. (2022). Meningkatkan level leadership seorang pemimpin. Diakses dari: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15086/Meningkatkan-level-leadership-seorang-pemimpin

Furqon. (2018). Statistik Terapan untuk Penelitian (11th ed.). Bandung: Alfabeta.

Kartadinata, S. (2012). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (1st ed.). Pedagogiana Press.

LPPM Universitas Medan Area. (2022). Mengenal Bias Penelitian: Apa Itu, Jenis & Contohnya Bagi Peneliti. LP2M Medan Area. Diakses dari: https://lp2m.uma.ac.id/2022/06/30/mengenal-bias-penelitian-apa-itu-jenis-contohnya-bagi-peneliti/

N.S. Development. (2022). Fungsi Tes Psikologi. Nsd.Co.Id. Diakses dari: https://nsd.co.id/posts/10002-fungsi-tes-psikologi.html

Nor, M. B. M. (2018). Laporan Kabinet Kerajaan Malaysia. Diakses dari: https://www.scribd.com/presentation/382589397/Laporan-Kabinet-Kerajaan-Malaysia

Norhasanah. (2021). Kepemimpinan Dan Keterampilan Kepemimpinan Dalam Organisasi Pada Pendidikan. Seminar Nasional Manajemen Pendidikan Uniska MAB, 7.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Sutirna; Marlina, R; Prihandani, K. (2021). Bimbingan dan Penyuluhan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Prinsip Layanan Bimbingan dan Konseling. PKM Abdimas Singkerru, 1(1), 8–15.

Sutirna. (2021). Bimbingan dan Konseling (Bagi Guru dan Calon Guru Mata Pelajaran) (Pertama). Yogyakarta: Deepublish.

Wahyuni, E. (2019). Bimbingan dan Konseling di Singapura. Diakses dari: https://www.scribd.com/document/412073337/BK-Singapura




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i2.12412

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.