Pengaruh Regulasi Diri dan Efikasi Diri terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja
(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author
Sari
This study aims to determine the effect of self-regulation and self-efficacy on academic procrastination in working Muhammadiyah Sidoarjo University students. This study uses correlational quantitative methods. The population in this study amounted to 2,708 students with a sample of 310 students of Muhammadiyah SidoarjoUniversity who worked based on the Isaac and Michael table with an error rate of 5%. The sampling technique used was simple random sampling. Data collection in this study used an academic procrastination scale, a self-regulation scale, and a self-efficacy scale. The data analysis technique in this study used multiple regression analysis techniques assisted by the JASP statistical program version 16 for windows. The results showed that self-regulation and self-efficacy can affect academic procrastination with a value of F = 71.705 and a significance of 0.001 (p < 0.05), meaning that there is a significant influence between self-regulation and self-efficacy on academic procrastination in working Muhammadiyah Sidoarjo University students. For further research, you can use subjects with a wider scope that are not within the scope of just one university in order to obtain more representative results.
_____________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang bekerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2.708 mahasiswa dengan sampel sebanyak 310 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang bekerja didasarkan pada tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan sebesar 5%. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala prokrastinasi akademik, skala regulasi diri, dan skala efikasi diri. Teknik analisis data dalam peneltian ini menggunakan teknik analisis regresi ganda (multiple regression analysis) dibantu dengan program statistik JASP versi 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi diri dan efikasi diri dapat memengaruhi prokrastinasi akademik dengan nilai F = 71.705 dan signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05) artinya terdapat pengaruh secara signifikan antara regulasi diri dan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang bekerja. Bagi penelitian selanjutnya dapat menggunakan subjek dengan cakupan yang lebih luas yang dimana tidak dalam lingkup satu universitas saja agar memperoleh hasil yang lebih representatif.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aditiya, F. R. (2020). Hubungan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik mahasiswa fakultas dakwah institut agama islam negeri jember (Issue September). IAIN Jember.
Arslan, A. (2019). The mediating role of prospective teachers’ teaching self-efficacy between self-efficacy sources and attitude towards teaching profession. International Journal of Educational Methodology, 5(1), 87–96. https://doi.org/10.12973/ijem.5.1.101
Astuti, Y., Nisa, H., Sari, K., & Kumala, I. D. (2021). Perbedaan prokrastinasi akademik ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 4(2), 169–184. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v4i2.22108
Benawa, A. (2018). The important to growing self-efficacy to improve achievement motivation. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 126(1), 0–5. https://doi.org/10.1088/1755-1315/126/1/012086
Burhan, M. N. I., & Herman. (2019). Perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa (studi pada mahasiswa prodi pendidikan Ilmu pengetahuan sosial fakultas ilmu sosial universitas negeri makassar). Social Landscape Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1–10. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16675
Erdianto, A. A., & Dewi, D. K. (2020). Hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8), 32–43. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41668
Fajriani, N., F, N. R., Ismawati, & A, F. A. (2021). Hubungan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik mahasiswa magister yang bekerja pada perguruan tinggi surabaya. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 691–698. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1625
Fauziah, L., & Mashudi, M. (2017). Reformasi sdm sebagai upaya peningkatan pembangunan adil gender di kabupaten sidoarjo. Seminar IQRA, 1(01), 971–986. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/iqra/article/view/4969
Fiddini, U. T. (2021). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas ekonomika dan bisnis universitas x (Vol. 3, Issue March). https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/242%0Ahttps://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.242
Fitri, V. Y., Hartati, R., & Fadhli, M. (2023). Bagaimana efikasi diri bisa meningkatkan work-life balance pada mahasiswa yang bekerja ? Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 6(2), 52–59. https://doi.org/https://doi.org/10.36341/psi.v6i2.3168
Hamadi, Wiyono, J., & Rahayu, W. (2018). Perbedaan tingkat stress pada mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja di universitas tribhuwana tunggadewi malang fakultas ekonomi jurusan manajemen angkatan 2013. Jurnal Nursing News, 3(1), 1–10. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/797/624
Handayani, E. T., Sugiharto, D. Y. P., & Sugiyo, S. (2021). The relationship between self-efficacy and peer support in academic procrastination behavior. 10(3), 148–155. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jubk.v10i3.50472
Handayani, T., & Widodo, W. (2014). Konsep dasar implementasi pengarusutamaan gender pada pendidikan keaksaraan fungsional di propinsi jawa timur. Jurnal Humanity, 10(1), 11363. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/2470/2675
Huwae, A., & Novita, M. P. (2022). Regulasi diri, peer support, dan burnout pada mahasiswa difabel. Psychocentrum Review, 4(1), 44–54. https://doi.org/10.26539/pcr.41792
Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). Stres akademik dan motivasi berprestasi pada mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 153–160. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2260
Istiqomah, T. (2015). Analisis gender peran wanita sebagai stimulator ekonomi keluarga nelayan di pesisir kabupaten sidoarjo. Doaj, 8(1), 25–37. https://core.ac.uk/download/pdf/230165257.pdf
Kulsum, U. (2021). Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. Mubtadiin, 7, 100–121.
Kurniawan, K., & Rahayu, D. (2022). Konflik peran ganda dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa polri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 434. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i2.8111
Maharani, R. (2022). Efektivitas layanan informasi menggunakan pendekatan islami dalam mengurangi prokrastinasi akademik mahasiswa. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 32. https://doi.org/10.24014/ittizaan.v5i1.16596
Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-efficacy dan burnout akademik pada mahasiswa yang bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119–130. https://doi.org/10.30653/001.201932.93
Pradana, I. P. (2019). Pengaruh self-regulation terhadap problem-focused coping menghadapi stres akademik dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. 109. http://repository.unj.ac.id/3080/
Prameswari, S. D., & Soerjoatmodjo, G. W. L. (2022). Pengaruh regulasi diri terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa. April, 83–87. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/2853
Putri, E. T., Widyanta, M. N., Wahyuningdias, K., & Rannu, A. R. A. D. (2020). Efektivitas pelatihan regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(1), 46. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i1.2541
Rahmanillah, N. R., & Qomariyah, N. (2018). Self-regulated learning dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa bekerja. Jurnal Psikologi, 11(2), 117–125. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2256
Rosita, Imawati, D., & Marishka, Si. E. (2021). Hubungan antara regulasi diri terhadap prokrastinasi skripsi pada mahasiswa. Motivasi, 9(1), 1–13. http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/MTV/article/view/5900
Rossmann, P. D., & Trolian, T. L. (2019). Working with others: Student employment and interactions with diversity in college. Journal of Student Affairs Research and Practice, 57(1), 1–15. https://doi.org/10.1080/19496591.2019.1643356
Saputra, Y. A. A., & Prahara, S. A. (2020). Hubungan antara academic burnout dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa universitas mercu buana yang bekerja. 1–17. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/8018/
Savitri, N. (2020). Self efficacy dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa pekerja. Jurnal Adiraga, 45, 1–10.
Sedyawati, S. (2021). Hubungan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 861–866. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p861-866
Syapira, S. A., Budiman, B., & Selamat, M. N. (2022). Self-efficacy and self-regulation with academic procrastination in muslim adolescents during the online learning period. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 8(1), 88–101. https://doi.org/10.19109/psikis.v8i1.11894
Tresnawati, I. W., & Naqiyah, N. (2020). Hubungan antara kontrol diri dan perilaku asertif dengan prokrastinasi akademik peserta didik kelas IX smp negeri 34 surabaya. Jurnal BK Unesa, 11(1), 25–34. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/31632
Triwijayanti, I. D. A. K., & Astiti, D. P. (2019). Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap tingkat work-life balance pada mahasiswa yang bekerja di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 320. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i02.p11
Wahyuningsih, P., Rahmawati, & Handoyo, A. W. (2021). Hubungan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Sistema: Jurnal Pendidikan, 2(1), 40–45. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp
Wulandari, I., Fatimah, S., & Suherman, M. M. (2021). Gambaran faktor penyebab prokrastinasi akademik siswa sma kelas xi sman 1 batujajar dimasa pandemi covid-19. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(3), 200. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i3.7237
Yazidsyah, R., & Harahap, A. C. P. (2023). Hubungan Antara Situasi Akademik Dengan Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 91. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11583
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i2.12333
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.