Identifikasi Layanan Peminatan Dan Perencanaan Individual di LKSA AL-Amin Palangka Raya

Ita Ristiawati(1*), Desi Erawati(2), Arini Safitri(3)

(1) IAIN Palangka Raya
(2) IAIN Palangka Raya
(3) IAIN Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


The teenage phase is a phase that is closely related to the development phase. One of the tasks of teenagers is a selecting a career. Many teenagers lack the ability to develop themselves according to their interests. Therefore, this reseacrh aims to identify the facilities provided by one of the LKSAs in  Palangka Raya City to students related to rubber guidance.Bu’s research informants are guidance and counseling teachers and 5 teenagers aged 14-15 years. This research uses descriptive qualitative reseacrh with data sampling techiques in this research using purposive sampling. Data collection uses interviews, observation and dokumentation. The results and research show that the service specifically regarding the development of interests has never been carried out and only provides classical guidance services. Even though it only directs through classical guidance, teenagers can use existing extracurricular activities can continue to the level of education according to their interests. Recommendations for futher research are expected to be able to add data and various sources and continue in providing service assistance to develop youth culture in LKSA Al-Amin Palangka Raya City.

___________________________________________________________

Fase remaja merupakan fase yang berkaitan erat dengan fase perkembangan. Adapun salah satu tugas remaja yaitu pemilihan karier, banyak remaja yang kurang memiliki kemampuan dalam mengembangkan karir sesuai minat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fasilitas yang diberikan oleh salah satu LKSA di Kota Palangka Raya kepada siswa-siswi terkait bimbingan karier. Informan penelitian ini adalah guru BK dan  remaja usia 14-15 tahun berjumlah 5 orang.  Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan secara khusus terkait pengembangan minat belum pernah dilakukan dan hanya memberikan layanan bimbingan klasikal. Meskipun hanya mengarahkan melalui bimbingan klasikal, minat remaja dapat tersalurkan melalui ekstrakurikuler yang ada serta dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan sesuai dengan minat. Adapun rekomendasi untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat menambah data dari berbagai sumber dan melanjutkan pada pemberian bantuan layanan untuk mengembangkan minat remaja di LKSA Al-Amin Kota Palangka Raya.


Kata Kunci


Identifikasi, Pengembangan Minat, Remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2023). Kesulitan Pengambilan Keputusan Karir pada Siswa Berprestasi Rendah. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), 3(1s), 131–143. https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12353

Atmaja, T. T. (2014). Upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57.

Defriyanto, D., & Purnamasari, N. (2017). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Karir dalam Meningkatkan Minat Siswa dalam Melanjutkan Studi Kelas XII di SMA Yadika Natar. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 207–218. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.566

Farida, E., Hendriana, H., & Pahlevi, R. (2021). Layanan bimbingan klasikal berbasis daring dengan metode ekspositori terhadap pilihan karir. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(6), 415-422. https://doi.org/DOI 10.22460/fokus.v4i6.8045

Fitriyani, N., Handayani, R., Putri, D. T., & Hidayat, D. R. (2019). Implementasi Teori Donald E. Super Pada Program Pelayanan Bimbingan Karir Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Ilmu dan Budaya, 41(65).

Ghassani, M., Ni’matuzahroh, N., & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karir. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 12(2), 123–138. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art5

Indahsari, H. P. (2021). Student Career Planning at Al-Muqoddasah Islamic Boarding School Ponorogo. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(3), 217-228. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v4i3.7287

Kumara, A. R., & Lutfiyani, V. (2017). Strategi Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Dalam Perencanaan Karir Siswa SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2).

Lestari, I. (2017). Meningkatkan kematangan karir remaja melalui bimbingan karir berbasis life skills. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1).

Masfiah, S., Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2020). Layanan Bimbingan Karier Untuk Siswa SMP Kelas IX. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(4), 151. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i4.5426

Muhazir, M., & Syahputri, A. (2021). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 9(2), 47–53. https://doi.org/10.37755/jsbk.v9i2.322

Purwandika, R., & Ayriza, Y. (2020). Pengaruh konsep diri terhadap kematangan karir peserta didik SMA. Ecopsy, 7(2), 377547.

Rahmi, A., & Asnah, M. B. (2023). Analisis Urgensi Pengembangan Modul Bimbingan Karir dalam Membantu Perencanaan Pendidikan Lanjutan Siswa SMP. Journal on Education, 5(4), 12486–12501. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2233

Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor—Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684

Rini, M. S., Mz, I., & Erawati, D. (2021). Minat Remaja Ditinjau Dari Tes Minat Rothwell Miller Interest Blank (RMIB) di Lembaga Kesejahteraan Sosial Aanak (LKSA) Kota Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 79. https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5669

Safitri, A. (n.d.). Bimbingan Karir. 2020.

Samsuri, S. A. (2018). profesionalisme guru dalam perspektif al-qur’an. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 123-141. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i11

Soraya, I. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Jakarta dalam mengakses fortal media Jakarta Smart City. Komunikasi: Jurnal Komunikasi, 6(1).

Suwanto, I. (2016). Konseling behavioral dengan teknik self management untuk membantu kematangan karir siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 1-5.

Trisnowati, E. (2016). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Orientasi Karir Remaja. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 41-53.

Wibowo, D. H., Cintariani, N. N., Vestalia, D., Maulidina, Z. T., Wau, I. P. M., & Febrianingrum, D. W. (2021). Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas IX Melalui Bimbingan Klasikal. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 428-437.

Wulandari, A. D., Dharmayana, I. W., & Suprapti, A. (2016). Profil kecendrungan pemilihan minat karir berdasarkan tipe kepribadian siswa sma Se-kota bengkulu. Jurnal TRIADIK, 15(2), 30-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i2.12250

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.