Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Fika Dwi Mulia(1*), K. A. Rahman(2), Dinny Rahmayanty(3)

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Sari


Learning motivation has a big role in learning success, basically not every student has high learning motivation. Giving motivation can be tried by Guidance and Counseling Teachers and directions with methods such as lectures, classical education, to the application of exclusive assistance. One of the Guidance and Counseling services that can be applied in increasing student learning motivation is group guidance services using role playing techniques. The purpose of this research is to reveal how much the success of students' learning motivation can be increased through role playing technique group guidance services. The methodology used in this research is quantitative with an experimental approach. Instruments or data collection tools used in the form of questionnaires and analyzed using percentage calculations, normality test, homogeneity test, and t test. The results showed that in general, students' learning motivation increased after being given treatment, which can be seen from the results of the posttest, which is in the very high category with an average result of 93. The value of Ttable with Sig. (2-tailed) 0.05, which is 2.160.

 

____________________________________________________________

 

Motivasi belajar mempunyai peranan besar dalam keberhasilan belajar, pada dasarnya tidak setiap siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Pemberian motivas bisa dicoba oleh Guru Bimbingan dan Konseling serta pengarahan dengan metode seperti ceramah, edukasi klasikal, hingga penerapan pendampingan eksklusif. Salah satu layanan Bimbingan dan Konseling yang bisa diterapkan dalam peningkatan motivasi belajar siswa merupakan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar keberhasilan motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dianalisis menggunakan perhitungan persentase, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan secara umum motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah diberikan treatment yang mana terlihat dari hasil posttest yaitu berada pada kategori sangat tinggi dengan hasil rata-rata 93, hasil penelitian juga menunjukkan  hasil hipotesis diketahui Thitung yaitu sebesar 5.792. Adapun nilai dari Ttabel dengan nilai Sig. (2- tailed) 0,05 yaitu sebesar 2,160.

 

Kata Kunci


learning motivation, group guidance services, role playing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hardani, Andriani, H., Utami Evi, F., dkk (2020). Metode Penelitan Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.

Indra, S. (2016). Efektivitas Team Assisted Individualization Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 175. https://doi.org/10.22373/je.v1i2.604

Kardo, M.Pd, R. (2017). Manfaat Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Komunikasi Dalam Belajar Peserta Didik. Jurnal Counseling Care, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.22202/jcc.2017.v1i1.1984

Maryati, M. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Time Management Skill pada Siswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(1), 18. https://doi.org/10.29210/02352jpgi0005

Miranda, I., Hakim, I. Al, & Wiboqo, B. Y. (2020). Efektivitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Edu Consilium: Jurnal BK Pendidikan Islam, 1(2), 137–145.

Nurmaya, A. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Kota Bima. Guiding World (Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 26–45. https://doi.org/10.33627/gw.v2i1.300

Nuryati, N., & Fauziati, E. (2021). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Negeri Sumogawe 01 Kab. Semarang. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 86–95. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1153

Sukma, V. M. (2022). MOTIVASI BELAJAR: Analisis Motivasi Belajar Siswa dengan Kemampuan Kognitif yang Tinggi di Kelas 3C MIN 1 Kota Malang. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 63–77. https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v1i1.1068

Sutja, A., Emosda, Herlambang , S., & Nelyaharfi. (2017). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Konseling. Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Konseling.Yogyakarta: Wahana Resolusi.

Wibowo, N. A. K., Susanto, B., & Maulana, M. A. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Interaksi Sosial Pada Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 46. https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.289




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11586

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.