Korelasi Self-efficacy dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Sosiologi

Fadli Padila Putra(1*), Eva Latipah(2), Yayan Suryana(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Sari


The purpose of this study was to determine the correlation between self-efficacy and academic procrastination in college students. The hypothesis put forward is that there is a negative correlation between self-efficacy and student academic procrastination, with the assumption that the stronger the self-efficacy, the smaller the student's academic procrastination. Conversely, the lower the student's self-efficacy, the greater the student's academic procrastination. This research is a correlational study with a sample of 31 people. Purposive sampling is used in the sampling technique. Questionnaires were used to collect data, data processing using the SPSS 21 application was carried out to find the correlation of the two variables. This study obtained Sig. (2-tailed) with a value of 0.000 <0.05 between self-efficacy and academic procrastination, which indicates that there is a significant relationship between self-efficacy and academic procrastination. The Pearson Correlation value between self-efficacy and academic procrastination is -0.611, indicating that there is a strong relationship between self-efficacy and academic procrastination and has a negative sign, which means that the higher the self-efficacy score, the lower the academic procrastination score, or conversely, the lower the self-score efficacy, the higher the value of academic procrastination.

 

____________________________________________________________

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara self-efficacy dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan adalah adanya korelasi negatif antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik mahasiswa, dengan asumsi semakin kuat self-efficacy maka semakin kecil prokrastinasi akademik mahasiswa. Sebaliknya, semakin rendah self-efficacy mahasiswa, maka semakin besar prokrastinasi akademik mahasiswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jumlah sampel 31 orang. Purposive sampling digunakan dalam teknik pengambilan sampel. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data,  pengolahan data dengan menggunakan aplikasi SPSS 21 dilakukan untuk mencari korelasi kedua variabel. Studi ini memperoleh Sig. (2-tailed) dengan nilai 0,000 < 0,05 antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik, yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel self-efficacy dengan prokrastinasi akademik. Nilai Pearson Correlation antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik adalah -0,611, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik dan bertanda negatif, yang mengandung makna semakin tinggi skor self-efficacy maka semakin rendah skor prokrastinasi akademik, atau sebaliknya semakin rendah skor self-efficacy maka semakin tinggi nilai prokrastinasi akademik. 

Kata Kunci


self-efficacy, academic procrastination, students

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 47. Retrieved from http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/2827

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Pers.

Amalia, V. R., & Nashori, H. F. (2021). Hubungan Antara Religiusitas dan Efikasi Diri dengan Stres Akademik Mahasiswa Farmasi. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion and Humanity, 3(1), 48. Retrieved from https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/psc/article/view/1702

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryanti, Y. D., & Muhsin. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas dan Kreativitas Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 244. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/37169

Azkarina, H. D., & Dewi, D. K. (2019). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Pada Penyelesaian Tugas Perkuliahan Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 6(5), 1.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy (The Exercise of Control). New York: W.H Freeman and Company.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2003). Psikologi Sosial/Edisi Kesepuluh/Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Burka, J. ., & Yuen, L. M. (2008). Procrastination: Why You Do It, What To Do About It. New York: Persus Books.

Dewanto, A. C. (2018). Efektivitas PPL Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Mengajar Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 3. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/233939314.pdf

Erdianto, A. A., & Dewi, D. K. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI di SMA X. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8), 32. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41668

Fitri, A. (2021). Hubungan Regulasi Belajar Dan Efikasi Diri Akademik Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Akhir. Pesat: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 7(1), 54. Retrieved from http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/43

Fitri, R., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik dengan Penyesuaian Diri Akademik pada Mahasiswa Rantau dari Indonesia Bagian Timur di Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 70. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/21669

Hartati, I., Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika: Meta Analisis. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 50. Retrieved from https://unisa-palu.e-journal.id/gurutua/article/view/74

Herawati, M., & Suyahya, I. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMK Islam Ruhama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kaluni, 647. researchgate.net. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Mirna-Herawati/publication/331037680_Pengaruh_Efikasi_Diri_Terhadap_Prokrastinasi_Akademik_Peserta_Didik_SMK_Islam_Ruhama/links/5fc9af9792851c00f84cd3a5/Pengaruh-Efikasi-Diri-Terhadap-Prokrastinasi-Akademik-Peserta-Did

Larasati, A. R., & Sugiasih, I. (2021). Hubungan Antara Kesadaran Diri dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Angkatan 2016 Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula, 2019. lppm-unissula.com. Retrieved from http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8185

Lastary, L. D., & Rahayu, A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial dan Self-efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Perantau yang Berkuliah di Jakarta. Ikraith-Humaniora, 2(2), 17.

Lubis, I. S. L. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Diversita, 4(2), 91. Retrieved from https://mail.ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/1884

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/514

Nulhakim, L. (2021). Penguatan Efikasi Diri Pada Pribadi Introvert. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 207–209. Retrieved from http://ejournal.alkhairat.ac.id/index.php/JKPI/article/view/38

Paramithasari, S. P., Hermahayu, & Haq, A. L. A. (2022). Pengaruh Kontrol Diri dan Efikasi Diri pada Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dalam Belajar Online. Borobudur Psychology Review, 2(1), 37. Retrieved from http://journal.unimma.ac.id/index.php/bpsr/article/view/6877

Patras, Y. E., Horiah, S., Zen, D. S., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Edum Journal, 4(2), 71. Retrieved from http://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/99

Pratiwi, A. D., & Sawitri, D. R. (2015). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Efikasi Diri Akademik dan Lama Studi Pada Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Empati, 4(4), 273.

Simamora, M. R., & Nababan, M. L. (2021). Prokrastinasi Akademik dan Efikasi Diri Mahasiswa Selama Masa Awal Pandemi COVID-19. Jurnal Sains Psikologi, 10(2), 66. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/JSPsi/article/view/15479

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tuaputimain, H. (2021). Korelasi Antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Teologi Berita Hidup, 4(1), 180. Retrieved from https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jbh/article/view/187

Venanda, Y. A. (2022). Hubungan Efikasi Diri (Self-efficacy) dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Tabularasa, 17(1), 40. Retrieved from https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/8090

Wahyuningsih, P., Rahmawati, & Handoyo, A. W. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 39. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp/article/view/736

Widyaningrum, R., & Susilarini, T. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMAIT Raflesia Depok. IKRA-ITH Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(2), 35. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/953/742

Wulandari, M., Umaroh, S. K., & Mariskha, S. E. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Kontrol Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Motiva: Jurnal Psikologi, 3(1), 36. Retrieved from http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/MV/article/view/4808




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11237

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sekretariat Jurnal:

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.