Bimbingan Kelompok dalam Setting Kegiatan Learning and Camping untuk Membangun Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru
(1) IAIN Pontianak
(2) Universitas Islam Jember
(3) IAIN Pontianak
(4) IAIN Pontianak
(*) Corresponding Author
Sari
The first year of college is a difficult time for new students. In addition to orientation activities, other activities are also possible so that students are able to adjust to academic life in higher education through student organizations, one of which is learning and camping activities organized by HMPS Study Program. The research was conducted on learning and camping activities with qualitative methods with the aim of exploring information related to how group guidance in setting learning and camping activities to build new student adjustment in the BKI IAIN Pontianak study program with the hope that it can be an additional reference in enriching references in the field of counseling guidance. Data collection maximizes in-depth interviews and participant observation and maximizes documentation for BKI students from 2019/ 2020 to 2022/2023. As a result, after participating in learning and camping activities, new students who initially felt inferior, anxious and even stressed little by little were able to adjust to learning patterns and life in the college environment so that they could show positive results in both academic and non-academic fields.
_____________________________________________________________
Tahun pertama perkuliahan sebagai masa yang sulit bagi mahasiswa baru. Mahasiswa baru diberikan kegiatan orientasi sebagai upaya untuk memperkenalkan sistem pembelajaran diperguruan tinggi. Selain kegiatan orientasi, kegiatan lain juga dimungkinkan dapat dilakukan agar mahasiswa mampu menyesuaikan diri dengan kehidupan akademik di perguruan tinggi melalui organisasi kemahasiswaan salah satunya kegiatan learning and camping yang diselenggarakan oleh HMPS Prodi. Penelitian dilakukan pada kegiatan learning and camping dengan metode kualitatif dengan tujuan menggali informasi terkait bagaimana bimbingan kelompok dalam setting kegiatan learning and camping untuk membangun penyesuaian diri mahasiswa baru pada prodi BKI IAIN Pontianak dengan harapan dapat menjadi tambahan rujukan dalam memperkaya referensi bidang bimbingan konseling. Pengumpulan data memaksimalkan wawancara mendalam atau in-depth interview dan participant observation serta memaksimalkan dokumentasi pada mahasiswa BKI angkatan 2019/2020 s/d 2022/2023. Alhasil setelah mengikuti kegiatan learning and camping mahasiswa baru yang awalnya merasa minder, cemas bahkan stres sedikit demi sedikit mampu menyesuaikan diri dengan pola pembelajaran dan kehidupan di lingkungan perguruan tinggi sehingga dapat menunjukkan hasil yang positif baik pada bidang akademik maupun non akademik.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmadi, H. A. (2002). Psikologi sosial (Cetakan kedua). Jakarta: PT Rineka Cipta.
All Habsy, B. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56
Arifin, M., Dardiri, A., & Handayani, A. (2016). Hubungan Kemampuan Penyesuaian Diri Dan Pola Berpikir Dengan Kemandirian Belajar Serta Dampaknya Pada Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1943–1951.
Armani, A. (2005). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Pres.
Asna, Naqiyah, N., & Pudjiastuti Sartinah, E. (2022). Bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dalam meningkatkan penyesuain diri di lingkungan baru. Bidayatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 244–254.
Bagaskara, R., Veolina, T. F., Milkatahasi, M., Tazkiyah, N., Mustikasari, G. A., Tambunan, R. V. R., & Irawan, S. (2022). Pentingnya Social Support Dalam Pengembangan Konsep Diri Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(2), 158–170. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i2.1592
Baker, R. W., & Siryk, B. (1984). Measuring adjustment to college. Journal of Counseling Psychology, 31(2), 179.
Bandini, I., & Sa’adah, N. (2020). Bimbingan Kelompok Berbasis Islam untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 6(2), 94–101.
Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.
Binoto, D., Suparno, S., & Santoso, A. (2020). Fungsi Kesantunan Berbahasa pada Kegiatan Musyawarah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 314. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13245
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana.
Creswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five traditions. SAGE Publications, Incorporated.
Daulay, N. (2021). Motivasi Dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Baru. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 21–35. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip
Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat. (2016). Pengertian Kesehatan Mental. Promkes.Kemkes.Go.Id. Diakses dari: https://promkes.kemkes.go.id/pengertian-kesehatan-mental
Eko Priyanto, B. (2022). Membanggakan 21 Mahasiswa dan Alumni IAIN Pontianak Berprestasi di MTQ Tingkat Provinsi Kalbar. Iainptk.Ac.Id. Diakses dari: https://iainptk.ac.id/membanggakan-21-mahasiswa-dan-alumni-iain-pontianak-berprestasi-di-mtq-tingkat-provinsi-kalbar/
Fadhilah, A. (2022). 80% Masyarakat Indonesia Masih Memandang Kebahagiaan Bersifat Materialistis. Akurat.Co. Diakses dari: https://akurat.co/80-masyarakat-indonesia-masih-memandang-kebahagiaan-bersifat-materialistis?page=all
Fitri, N. L. (2017). Pengaruh Penyesuaian Diri dan Penyesuaian Sosial Terhadap Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Riset Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta, 3(8), 454–464. Diakses dari: http://journals.students.uny.ac.id/ojd/index.php/fopbk/article/download/8445/8004
Fitriana, Samad, A., & Khaerudin. (2014). Penerapan Teknik Pemberian Reinforcement (penguatan) untuk meningkatkan hasil belajar fisika kelas VIII.A SMP PGRI Bajeng Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2, 192–202.
Harsono, & Basri, H. (2017). Fungsi Tuturan Guru dalam Interaksi Belajar Mengajar Di SMK Al-Furqon Desa Palengaan Daya Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Komposisi, 1, 1–23.
Iflah, I., & Listyasari, W. D. (2013). Gambaran Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 2(1), 33–36. https://doi.org/10.21009/jppp.021.05
Irfany, A. (2019). Ikuti Dekan Cup Fakulltas Kehutanan Universitas Tanjungpura Mahasiswa BKI Raih Prestasi. Fuad.Iainptk.Ac.Id. Diakses dari: https://fuad.iainptk.ac.id/ikuti-dekan-cup-fakulltas-kehutanan-universitas-tanjungpura-mahasiswa-bki-raih-prestasi/
Irfany, A. (2020). Alumni BKI IAIN Pontianak Menjadi Konselor Adiksi di Lembaga Pemasyarakatan Kalimantan Barat. Iainptk.Ac.Id. Diakses dari: https://iainptk.ac.id/alumni-bki-iain-pontianak-menjadi-konselor-adiksi-di-lembaga-pemasyarakatan-kalimantan-barat/
Irfany Dachlan, A. (2020). Ikuti Pemilihan Duta GenRe Mahasiswa BKI IAIN Pontianak Raih Prestasi. Fuad.Iainptk.Ac.Id. Diakses dari: https://fuad.iainptk.ac.id/ikuti-pemilihan-duta-genre-mahasiswa-bki-iain-pontianak-raih-prestasi/
Gibson, R.L , & Mitchell, M.H. (2011). Bimbingan dan Konseling (I). Pustaka Pelajar.
Lapsley, D. K., & Edgerton, J. (2002). Separation‐individuation, adult attachment style, and college adjustment. Journal of Counseling & Development, 80(4), 484–492.
Lestari, A., & Paramitha, S. D. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Mahasiswa. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 17–23. https://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/IJoCE/article/view/1150
Maulidiana, S., & Gafallo, M. F. Y. (2022). Pembentukan Relasi Sosial Remaja Terlantar Melalui Bimbingan Kelompok Pada Kegiatan Meeting Morning. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5(2), 64–70.
Maulina, B., & Sari, D. R. (2018). Derajat Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Ditinjau Dari Tingkat Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 1. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4753
Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181.
Nurpitriana, P. (2016). Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Tahun Pertama di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurrahmi, H., & Oktaviani, E. R. (2018). Bimbingan Dan Konseling Islam Pada Siswa Berperilaku Kecenderungan Narsis Di Kelas Xi Man 2 Pontianak. Al-Hikmah, 12(1), 65–82. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i1.1074
Peraturan Pemerintah. (1999). PP No. 60 Tahun 1999 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Prayitno. (1995). Layanan dan Bimbingan Konseling Kelompok. Ghalia Indonesia.
Putriana, A., Sari Kasoema, R., Mukhoirotin, Gandasari, D., Retnowuni, A., Siti Aminah, R., Kardi Wiyati, E., Kato, I., Fikri Akbar, M., Linda Yani, A., & Mustika Sari, I. (2021). Psikologi Komunikasi (Ronal Watrianthos (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Rahmad, & Bambang. (2022). Mahasiswa Iain Pontianak Raih 12 Prestasi Di Ajang Buaf Ke-6. Iainptk.Ac.Id. Diakses dari: https://iainptk.ac.id/mahasiswa-iain-pontianak-raih-12-prestasi-di-ajang-buaf-ke-6/
Sari, L. P., & Rusli, D. (2019). Pengaruh Culture Shock Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Yang Merantau. Jurnal Riset Psikologi, 4.
Savitrie, E. (2022). Mengenal Pentingnya Kesehatan Mental pada Remaja. Yankes.Kemkes.Go.Id. Diakses dari: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/362/mengenal-pentingnya-kesehatan-mental-pada-remaja
Sugiarti, Musabiq, & Karimah, I. (2018). Gambaran Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 75–83.
Sugito, S. (2021). Pengenalan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(2), 1–6. https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1717
Suharsono, Y., & Anwar, Z. (2020). Analisis stress dan penyesuaian diri pada mahasiswa. Cognicia, 8(1), 41–53. https://doi.org/10.22219/cognicia.v8i1.11527
Suryadi, Triyono, Nur, A., & Dianto, M. (2020). Hubungan penyesuaian diri dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Neo Konseling, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.24036/00245kons2020
Syaodih Sukmadinata, N. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya.
Willis, S.S. (2012). Remaja & Masalahnya (Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja, Narkoba, Free Sex, dan Pemecahannya) (3rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Yarda, M. F. Y. G. F., Azis, A. A., & Tsauri, M. S. T. S. (2023). Internalization of Multicultural-Based Religious Guidance in Building Religious Moderation in Lembang. Al-Hikmah, 21(1), 1–16.
Yugi Fazny, B. (2022). Mahasiswa BKI IAIN Pontianak Juara 3 Duta GenRe Pontianak 2022. Fuad.Iainptk.Ac.Id. diakses dari: https://fuad.iainptk.ac.id/mahasiswa-bki-iain-pontianak-juara-3-duta-genre-pontianak-2022/
Yugi Fazny, B., Saputra, R., & Lestari, C. (2022). Social Class and Self-Concept of Marginalized Adolescents. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(2), 95–105. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/enlighten/article/view/4855
Yunus, H. S. (2010). Metodologi penelitian wilayah kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 251.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.10135
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sekretariat Jurnal:
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Jalan Adhyaksa no. 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, 70123
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.