PERBEDAAN PENGETAHUAN TENTANG CARA MENYIKAT GIGI DENGAN METODE PENYULUHAN DEMONTRASI DAN CERAMAH PADA MURID KELAS VII DI SMPN-SN 3 KOTA BANJARMASIN

Eddy Rahman(1*)

(1) UNISKA
(*) Corresponding Author

Sari


Perubahan prilaku anak-anak sangat di pengaruhi oleh lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal. Hal yang tidak kalah pentingnya untuk diketahui dan dipahami adalah pengetahuan, kemampuan bersosial, dan kematangan emosi dari anak tersebut untuk menerima informasi ataupun membuat perubahan dalam perilakunya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengetahuan tentang cara menyikat gigi dengan metode penyuluhan demontrasi dan ceramah pada murid kelas VII di SMPN-SN 3 Kota Banjarmasin. Sedangkan manfaat yang diharapkan hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan acuan dalam melaksanakan Program Kesehatan Gigi dan Mulut oleh Institusi terkait. Penelitian ini dilakukan di SMPN-SN 3 Kota Banjarmasin dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan bentuk penelitian berupa rancangan “one group pretest – post test” dan sampel diambil dengan cara random sampling sebesar 68 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil analisis uji beda pada rata-rata pengetahuan tentang cara menyikat gigi dengan metode ceramah dan metode demonstrasi, dengan analisis Independent t test, ditemukan mean different (selisih rata-rata) sebesar 1,15 dengan diketahui nilai t hitung sebesar 4,015, p value (nilai probabilitas) dari uji tersebut menunjukkan p = 0,000, sehingga lebih kecil dari α 0,05 atau (p = 0,000 < α 0,05) Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengetahuan tentang cara menyikat gigi dengan metode penyuluhan demontrasi dan ceramah pada murid kelas VII di SMPN-SN 3 Kota Banjarmasin, sehingga disarankan perlu adanya upaya penyuluhan yang lebih terarah dengan metode, materi dan penyajian yang menarik dalam menyampaikan tentang teknik menyikat gigi yang baik dan benar.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v3i1.840

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.