Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

An-Nadaa adalah publikasi ilmiah sebagai wadah informasi di bidang kesehatan masyarakat berupa hasil penelitian orisinal dalam bahasa Indonesia atau Inggris yang mencakup rumpun ilmu :

□ Administrasi Kebijakan Kesehatan

□ Biostatistik dan Kependudukan

□ Epidemiologi

□ Gizi Kesmas

□ Kesehatan Kerja

□ Kesehatan Lingkungan

□ KIA – Kesehatan Reproduksi

□ Promosi Kesehatan

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Cover

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Vol 1 No 2

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Artikel yang masuk (submited) ke An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat akan ditelaah oleh Editor untuk disesuaikan dengan ruang lingkup (focus & scoup) Jurnal dan dipindai dengan program anti plagiarism x checker untuk memastikan tidak ada unsur plagiarisme dengan ketentuan tidak melebihi 30 persen.

Setelah artikel susuai dengan ruang lingkup jurnal dan unsur plagiarismenya tidak lebih dari 30 persen, Editor menugaskan reviewer sesuai dengan bidang ilmu yang dibahas dalam artikel secara Double Blind Peer ReviewDouble Blind Peer Review adalah metode penelaahan teman sejawat terhadap subuah karya ilmiah yang akan dipublikasikan dalam terbitan berkala ilmiah, yang mana identitas reviewer dan penulis disembunyikan, sehingga reviewer tidak mengetahui artikel siapa yang sedang ditelaah dan penulis juga tidak mengetahui siapa yang menelaah artikelnya. Metode ini digunakan untuk menjaga obyektivitas hasil penelaahan. 

Setiap artikel akan ditelaah oleh dua orang penelaah (reviewer), 1 penelaah internal dan 1 peneleaah eksternal. Jika kedua penelaah hasilnya bertentangan maka Editor akan menunjuk penelaah ketiga.

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Etika Publikasi

An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat adalah jurnal elektronik nasional bermitra bestari yang diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember) melalui sistem manajemen open journal system oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis seluruh pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel dalam jurnal Annada, termasuk penulis, dewan penyunting, mitra bestari, dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.

Pedoman Etik Penerbitan

Penerbitan artikel dalam Jurnal Annada  merupakan sebuah blok bangunan penting dalam perkembangan suatu jejaring pengetahuan yang koheren dan dihormati. Hal ini merupakan cerminan langsung dari kualitas kerja para penulis dan lembaga-lembaga yang mendukung mereka. Artikel-artikel yang di-review mendukung dan mengandung metode ilmiah. Karena itu, penting untuk menyetujui standar-standar perilaku etis yang diharapkan untuk seluruh pihak yang terlibat dalam penerbitan, yaitu: penulis, penyunting jurnal, mitra bestari, penerbit, dan masyarakat. 

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin sebagai penerbit Annada  bertanggungjawab mengawal seluruh tahap penerbitan secara sungguh-sungguh dan mengakui tanggungjawab etik dan tanggungjawab lainnya. Lembaga berkomitmen untuk membantu komunikasi dengan pengelola jurnal dan/atau penerbit yang lain jika dipandang berguna dan diperlukan.

Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis (author). 

Tanggung Jawab Penerbit

  1. Penerbit Jurnal An Nadaa bertanggungjawab menerbitkan naskah  yang setelah melalui proses editing, penelaahan, dan layout.
  2. Penerbit Jurnal An Nadaa bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan Mitrabestari dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Penerbit Jurnal An Nadaa bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

Tanggung Jawab Editor

  1. Editor Jurnal An Nadaa bertanggungjawab dalam memutuskan naskah  yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan editor yang mengacu pada persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penelaahan dan penerimaan naskah, tim editor Jurnal An Nadaa berasaskan pada asas kesamaan perlakuan dalam pengambilan keputusan untuk mempublikasi naskah dengan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
  3. Editor dan tim editorial Jurnal An Nadaa tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau naskah  yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  4. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan digunakan oleh penelitian editor  Jurnal An Nadaa untuk kepentingannya sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

Tanggungjawab Mitrabestari

Mitrabestari Jurnal An Nadaa membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah/naskah  yang masuk

  1. Mitrabestari Jurnal An Nadaa bertanggungjawab terhadap rekomendasi naskah yang ditelaahnya.
  2. Telaah  naskah dilakukan secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  3. Mitrabestari Jurnal An Nadaa bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme atas naskah  yang ditelaahnya.
  4. Mitrabestari Jurnal An Nadaa harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari naskah yang ditelaahnya untuk keuntungan/kepentingan pribadi.

 Tanggungjawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan naskah  hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas naskah  yang telah ditulis.
  3. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  4. Penulis harus menulis naskah secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.

Penulis tidak berkeberatan jika naskahnya mengalami penyuntingan pada proses penelaahan dan layout tanpa mengubah subtansi atau ide pokok dari tulisan.

Keluhan

Penulis yang mungkin memiliki keluhan tentang interaksinya dengan Jurnal An Nadaa mengirim email ke Editor: norsita.agustina@gmail.com

 

Kebijakan Checker

Setiap naskah akan melalui uji plagiat dengan software

 

Kebijakan Manajemen Referensi

Setiap artikel yang dikirimkan menggunakan aplikasi reference seperti Mendelay dsb.