FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETIDAKIKUT SERTAAN PASANGAN USIA SUBUR DALAM MENGIKUTI PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI PUSKESMAS O MANGUNHARJO KAB. MUSI RAWAS

Desi Fitriani(1*), Waytherlis Apriani(2), Ica Hernanda(3)

(1) STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Pasangan Usia Subur merupakan salah satu penentu jumlah penduduk di Indonesia, apabila mereka tidak mendapat asuhan kebidanan yang tepat maka tidak menutup kemungkinan jumlah penduduk akan semakin bertambah. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Pasangan Usia Subur Dalam Program Keluarga Berencana Di Puskesmas O Mangunharjo Kab. Musi Rawas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei melalui pendekatan Cross Sectional menggunakan teknik Proportional Random Sampling yaitu sebanyak 109 Pasangan Usia Subur. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian didapatkan: (1) PUS yang tidak mengikuti program Keluarga Berencana (KB) 40,7 (2) Umur terbanyak pada kategori banyak 57,0 yang umur tidak beresiko (3) Pendidikan terbanyak pada kategori banyak 60,5 yang pendidikan menengah (4) Paritas terbanyak pada kategori banyak 60,5 paritas multipara (5) Terdapat hubungan antara umur, pendidikan dan paritas Dengan Keikutsertaan Pasangan Usia Subur Dalam Program Keluarga Berencana Di Puskesmas O Mangunharjo Kab. Musi Rawas.Saran: Diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mastarakat terutama PUS mengenai kontarsepsi sehingga ibu paham tentang kelebihan dan kekurangan kontrasepsi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemenkes RI, 2014, KB Pada Pasangan Usia Subur, www.depkes.go.id, dikutip tanggal 02 Maret 2018.

Profil Kesehatan Indonesia, 2016. Profil Kesehatan Sumatera Selatan. Sumatera Selatan.

Profil Kesehatan Musi Rawas, 2015. Profil Kesehatan Musi Rawas dan KB.EGC.

Gustikawati, 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan PenggunaanKontrasepsi oleh PUS, Jurnal Kamiilah, Volume:III No.5, Jakarta.

Kurniawati Yayuk, 2014. Analisis faktor-Faktor Yang mempengaruhi ketidakikutsertaan Usia Subur (PUS) dalam Program Keluarga Berencana, Jurnal FISIF Volume 1 NO 2. Pekanbaru.

Pusekesmas O Mangunharjo, 2018. Peserta KB Puskesmas O Mangunharjo,Kabupaten MusiRawas.

Mimi,dkk, 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketidakikutsertaan Pasangan Usia Subur (PUS) dalam Program Keluarga Berencana di Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Sosiologi. Universitas Riau.

Juliani Purba, 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan DenganKetidakikutsertaan Menjadi Akseptor Kb Pada IbuBersalin Peserta Jampersal Di Rsud Dr.Djasamen SaragihPematangsiantar.

Prawiroharjo, Sarwono, 2013. Ilmu Kebidanan, YBSP, Jakarta.

Indira L, 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi pemilihan jenis kontrasepsi yang digunakan pada keluarga. Jurnal Ilmiah Kesehatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ann.v7i1.2975

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan

Surat menyurat menyangkut naskah, langganan dan sebagainya dapat dialamatkan ke:

Ruang Jurnal FKM Lt.3 Gedung C Kampus UNISKA – Banjarmasin

Telp 082240498865

Email : jurnal.annada@gmail.com 

 


Annada - Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.