EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Senja Rahma Yona(1*), Muslima Muslima(2), Barmawi Barmawi(3)

(1) Institut Agama Islam negeri batusangkar
(2) Institut Agama Islam negeri batusangkar
(3) Institut Agama Islam negeri batusangkar
(*) Corresponding Author

Sari


The purpose of this writing is to find out about group counseling the reality approach in overcoming the low interest in learning at learners. The purpose of this discussion is to see the effectiveness of counseling reality approach group to increase participants' interest in learning students. The type of research that researchers use is the type of research quantitative Pre experimental design one-group pre-test and post-test where an experimental group measured the dependent variable then given treatment and re-measured. Population in In this study, there were 93 students in class VIII. Deep sample In this study, 8 people were taken using a random technique sampling, namely taking samples randomly selected based on the results of the pre-test of interest questionnaires that have low learning interest. Instrument The method used is a questionnaire of students' learning interest. From research what researchers did obtained the results of interest in learning group students experiment when pre-test with a total score of 811 with an average score 101 is in the low category. After being given the posttest value treatment for the experimental group with a total score of 1245 and an average score 156, this value has increased and is in the high category. The results of hypothesis testing indicate that the group counseling approach effective reality to increase interest in learning in students.


Kata Kunci


Group Counseling, Reality Approach, Interest in Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amelia, masril dan irman. (2017). Pengaruh Permainan Dalam onseling Kelompok Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Di SMA Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh. Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Eka Puspawan, Y., & Danny Soesilo, T. (2019). PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP KRISTEN 1 SALATIGA. Mimbar Ilmu. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17455

Febrianto, B., & Ambarini, T. K. (2019). Efektivitas konseling kelompok realita untuk menurunkan kecemasan pada klien permasyarakatan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i1.7838

Gerald., C. (2013). Teori dan praktek konseling dan psikoterapi. Research Gate. https://doi.org/Cetakan ke 7 Bandung : Refika Aditama

Hapasari, A., & Primastuti, E. (2014). Kepercayaan Diri Mahasiswi Papua Ditinjau Dari Dukungan Teman Sebaya. Psikodimensia, 13(1), 60. https://doi.org/10.24167/PSIKO.V13I1.278

Kartika. (2018). Pengaruh konseling kelompok model konseling realitas terhadap minat belajar siswa MRsN 3. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA (Vol. 126, Issue 1). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA

Nadhifa, F., Habsy, B. A., & Ridjal, T. (2020). KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH, EFEKTIFKAH? Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.341.6

Prastiyo, Handika, M. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Riset Pada Matakuliah Bioteknologi. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Bimbingan-Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VII A SMPN 17 Balik Papan Tahun Ajaran 2020/2021. (Prosiding pendidikan profesi guru, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas)

Rosjidan. (2021). Teori dan Teknik Konseing,. Journal of Tompotika: Social, Economics, and Education Science (JTSEES.

Sari, N. P. (2013). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA. BK UNESA, 1–13. vol. 1 no. 1

Seriwati, S. (2017). Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Di Sekolah. In Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-rahman.

Setiyaningsih, Roza, M. (2020). Pengembangan Modul Pelatihan Model Pembelajaran BCCT Bagi Guru dan Kepala Taman Kanak-Kanak. Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realitas Untuk Mengatasi Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas XI SMK Kautsar Karang Pucung Tahun Pelajaran 2020/2021, 4(2), 1112. https://doi.org/Jurnal ilmiah mahasiswa bimbingan konseling STKIP PGRI Bandar Lampung

Singgih D. Gunarsa. (2012). Konseling dan Psikoterapi,. In Jakarta: Penerbit Libri (Vol. 5). https://doi.org/vol 5 no 1

Slameto. (2010). Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–11.

Sugiyono. (2013). Statistik Nonparametik Untuk Penelitian. Bandung: PT Alfabet.

Surdin, A, M. (2015). Faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Mawasangka. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA. https://doi.org/Bandung : Pustaka Setia




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i1.9287

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.