KOMPETENSI GURU BK BERLATAR PENDIDIKAN BIMBINGAN KONSELING DAN NON PENDIDIKAN BIMBINGAN KONSELING

Akhir Pardamean(1), Ade Zahra Tifani(2), Anggi Hendriani(3*), Nurul Hidayah(4), Tama Sentia Hasibuan(5)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(4) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(5) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Sari


The purpose of this research is to see the effectiveness of the counseling teacher in terms of the educational background of the counseling teacher. This is done because many counseling teachers have non-counseling education backgrounds. The type of research conducted is qualitive research, where the results of the research are stated in oral from. Data collection was carried out using literature studies. The results of this study are that counseling teachers who have a non-S1 counseling background are also able to provide effective counseling services for their counselees if the counseling teacher is willing to learn about the abilities that a counselor must have.


Kata Kunci


Competence of BK Teachers; Professional of BK Teachers; Characteristics of BK Teachers

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya Dwi Nugroho, A. F. (2022). Hambatan Guru Berlatar Pendidikan Non Bimbingan Konseling Sebagai Pelaksana Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 1. Barida, M., & Murifah, A. (2019). Perbedaan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyelenggarakan Konseling Individual Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Bekerja. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 23–29. Eryilmaz, A., & Mutlu, T. (2017). Developing the Four-Stage Supervision Model for Counselor Traines. Educational Sciences : Theory & Practice, 17(2), 597–629. Hadi, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di SLB Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(1). Hanafi, H., Hidayah, N., Atmoko, A., Ramli, M., & Triyono. (2022). Cognitive Fusion on Counselor Perfomance: A Comparative Study of the Experienced and Novice Counselor. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(1), 48–55. Hazrullah, & Furqon. (2018). Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Konseling Dalam Pemecahan Masalah Belajar Siswa di MAN Rukoh Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 18(2), 245–258. Isari, V., & Padang, U. N. (2017). PERBEDAAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN MASA KERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL Abstrak. Jurnal Bikoketik, 01(01), 21–29. Jumail. (2013). Kompetensi Profesional dalam Perspektif Konselor Sekolah dan Peranannya Terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri se-Kota Padang. Konselor : Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 250–255. Kasbolah, K. (1992). Studi Kepustakaan. Forum Penelitian, 4(1), 179–185. Kaufmann, D., Smith, D., Barnes, J., Lawrewnce, J., Young, J., Land, C., Guy, T., & Krzewski, E. (2021). A Pedagogical Reflection on Counseling Skills in Asynchronous Learning Environments. Journal of International Research, 10, 47–57. Khaldun, R. (2016). Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah. Al-Tazkiah, 5(1). Lesmana, J. . (2006). Dasar-Dasar Konseling. UI Press. Lumongga Lubis, N. (2011). Memahami Dasar Dasar Konseling Dalam Kelompok. Kencana. Marjo, H. K., & Sodiq, D. (2022). Etika dan Kompetensi Konselor sebagai Profesional (Suatu Pendekatan Literatur Sistematis). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 9(1). Nasution, H. S., & Abdillah. (2019). Bimbingan Dan Konseling. Konsep,Teori,Dan Aplikasinya (H. Rahmat (ed.)). LPPPI. Novitasari, D., & Wibowo, M. E. (2016). Perbedaan Kompetensi Guru BK Lulusan S1 dan BK Non BK. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 5(1), 19–24. Rahmadi Tarmizi Ginting, Dio Alexander, T. (2018). Karakter Pribadi Konselor Yang Efektif. Seminar Nasional Dan Workshop BK, 3. Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Equilibrum, 5(9), 1–8. Riswanto, D., Mappiare-at, A., Irtadji, M., Negeri, K. U., & Dodyriswantoyahoocom, J. S. M. E. (2016). KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN IDEAL KONSELOR (STUDI HERMENEUTIKA GADAMERIAN). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(11), 2113–2117. Taher, Y., Aditama, M. H. R., & Syam, S. (2021). Profesionalisme Guru Bimbingan Konseling. Educouns Journal : Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 91– 99. Wahyudi, I., Neviyarni, N., & Firman, F. (2021). Dasar, Aplikasi dan Permasalahan Guru BK di Sekolah. SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 63–72.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i1.9285

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.