STRATEGI KOMUNIKASI KONSELING DALAM MENGINTERNALISASIKAN MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH
(1) IAIN Kerinci
(2) IAIN Kerinci
(3) IAIN Kerinci
(4) IAIN Kerinci
(5) IAIN Kerinci
(6) IAIN Kerinci
(*) Corresponding Author
Sari
The purpose of this research is to see how Guidance and Counseling teachers build awareness of religious moderation in the school environment. In this study using interpersonal communication, qualitative descriptive with a case study approach, and data collection techniques, namely by interview techniques. The results of the study found that counseling communication strategies in internalizing religious moderation in schools can be applied by socializing to each locale, providing information services with interpersonal communication, providing Group Guidance Services to students.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137–148. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174
Anwar, A. S., Leo, K., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Abad 21 melalui Media Sosial. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3044–3052. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.795
Budiman, A. (2020). INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA DI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MODERASI BERAGAMA (Studi Kasus SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia). In Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Candrasari, S. (2020). Strategi Komunikasi Konseling Dalam Menangani Permasalahan Akademik Mahasiswa. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(1), 27–33. https://doi.org/10.37676/professional.v7i1.1089
Design, Q. I. (1989). STUDI KASUS ( John W . Creswell ) Oleh Yani Kusmarni. 1–12. http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._SEJARAH/196601131990012-YANI_KUSMARNI/Laporan_Studi_Kasus.pdf
G.S Gumilang. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a
Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11702
Husna, U. (2020). Moderasi Beragama di SMA Negeri 1 Krembung-Sidoarjo : suatu pendekatan Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi tantangan ekstrimisme. 205. http://digilib.uinsby.ac.id/44899/%0Ahttp://digilib.uinsby.ac.id/44899/2/Ulfatul Husna_F12318129.pdf
Ihsan, Achmad Yusril, nasywa, A. (2022). INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MODERASI BERAGAMA DI SMAN 1 SLEMAN. Jurnal Penelitian, 6(2), 96–100. https://www.jurnal.unugha.ac.id/index.php/twd/article/download/444/250
Miftah, M. (2019). Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Jurnal Teknodik, XII(2), 084–094. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i2.473
Muhidin, M., Makky, M., & Erihadiana, M. (2021). Moderasi Dalam Pendidikan Islam dan Perspektif Pendidikan Nasional. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 22–33. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.456
Nurhadi, Z. ., & Kurniawan, A. W. (2017). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/253/295
Pabbajah, M., Nurina Widyanti, R., & Fajar Widyatmoko, W. (2021). Membangun Moderasi Beragama: Perspektif Konseling Multikultural Dan Multireligius Di Indonesia. Online) Terakreditasi Nasional. SK, XIII(1), 2549–4171. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/1304
Rahman, A. (2018). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Belajar Di SMK Negeri 1 Loksado. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 2(1), 1–14.
Rifa’i, M. . (2016). Internalisasi Nilai-nilai Religius Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 125–133. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=561966&val=9225&title=INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK INSAN KAMIL
Rukmana, E. S. (2021). Membangun Dan Memelihara Komunikasi Dalam Konseling. JIVA : Journal of Behavior and Mental Health, 2(2), 200–210. https://doi.org/10.30984/jiva.v2i2.1772
Rusandi, & M. Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sutrisno, E., Karim, H. A., Sirajuddin, S., A.Hermawan, Saputra, A., Kusuma, B. M. A., Nurhadi, I., Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). NILAI MODERASI ISLAM DAN INTERNALISASINYA DI SEKOLAH M. A. Hermawan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Journal of Chemical Information and Modeling, 25(1), 1. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4827/1/Literasi Moderasi Beragama di Indonesia fix book.pdf
Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168–2175.
Zahroh, A., Islam, A., & Lumajang, S. (2022). Penerapan moderasi beragama melalui kurikulum pendidikan 1. 05(02), 230–243. file:///C:/Users/ACER/Downloads/zahro_publish6.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i1.9227
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.