PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Fauzannur Fauzannur(1*), Siti Zainab(2), Nurliana Nurliana(3)

(1) Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
(2) Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
(3) Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Program MBKM dipercaya mampu mengasah keterampilan mahasiswa. Program yang dirancang Kemendikbudristek ini merupakan sarana untuk menciptakan lulusan yang siap menghadapi dunia pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa FUAD Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya terhadap pelaksanaan program MBKM tahun 2022. Penelitian ini adalah penelitian deskrptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner daring (google form) yang dibagikan kepada 25 mahasiswa FUAD yang telah melakukan program magang MBKM. Kuesioner ini diadopsi dari kuesioner yang dibuat oleh Kemendikbudristek. Hasil penelitian menunjukan bahwa program MBKM yang dilaksanakan oleh FUAD tahun 2022 mendapatkan respon yang positif dari mahasiswa yang telah melakukan program magang MBKM.


Kata Kunci


mahasiswa; MBKM; survei

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arjanto, P., Antariksa, W. F., & Timan, A. (n.d.). Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), 5 (3), 247-257.

Atmaja, N. M. K., Susilawati, I., & Mutaqin, N. S. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kegiatan Pemebelajaran Merdeka Belajar di Lingkungan Prodi Pendidikan Jasmani STIKIP Melawi. 9, (2), 94-102.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Laga, Y., Nona, R. V., Langga, L., & Jamu, M. E. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 699–706. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1951

Meke, K. D. P., Astro, R. B., Bagenda, C., Sulaiman, S., Seda, P., & Djou, A. M. G. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Desain Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Survei pada Program Studi Ilmu Hukum Universitas Flores. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 934–943. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2060

Permono, P. S., Aji Putra, R. B., Anggita, G. M., & Nugroho, E. (2021). Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan tentang Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(2), 95–103. https://doi.org/10.15294/jscpe.v6i2.51706

Sari, R. M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Produ: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 38-50. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326

Setiana, S. M., Bustam, M. R., Ali, M., Febrianty, F., & Sari, R. P. (2022). Dampak Implementasi Program Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Komputer Indonesia. Majalah Ilmiah UNIKOM, 20(1), 15–24. https://doi.org/10.34010/miu.v20i1.7710

Sri Dewi Anggadini, Surtikanti, Siti Kurnia Rahayu, Adeh Ratna Komala, Lilis Puspitawati, & Wati Aris Astuti. (2022). Persepsi Mahasiswa atas Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Lingkungan Prodi Akuntansi UNIKOM. Jurnal Pendidikan, 23(1), 64–76. https://doi.org/10.33830/jp.v23i1.2563.2022

Suartini, S., & Hidayat, Y. (2022). Persepsi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Al Azhar Indonesia Tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Al-azhar Indonesia seri humaniora, 7(2), 136-140. https://doi.org/10.36722/sh.v7i2.1021

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triastuti, I. A., & Prasetya, H. S. (2022). Evaluasi Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada Fakultas Kedokteran. Jurnal Kedokteran Meditek, 28(3), 269–277. https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v28i3.2361

Wardhani, J. D., & Katoningsih, S. (2022). Persepsi Mahasiswa Program Studi PGPAUD terhadap Implementasi Life Skills dalam Program MBKM. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5318–5330. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2353




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i1.9070

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.