ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI MTs/MA LABORATORIUM UINSU MELALUI PEMANFAATAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK

Annisa Arrumaisyah Daulay(1), Ade Zahra Tifani(2*), Tri Handini(3), Tama Sentia Hasibuan(4)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(4) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Sari


Mengetahui bagaimana gaya belajar siswa berprestasi di MTs/MA LABORATORIUM UINSU yang diterapkannya melalui pemanfaatan konseling kelompok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis, F. R., Pamujo, & Yuwono, P. H. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Siswa Berprestasi di SD Negeri Ajibarang Wetan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia , 6 (1), 26-31.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan , 44 (2), 168-174.

Deporter, B., & Henarcki, M. (2002). Quantum Learning Terj. Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2012). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hidayah, N., Hardika, Hotifah, Y., Yuni, S. S., & Gunawan, I. (2017). Psikologi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lestari, S., & Djuhan, M. W. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. IIPSI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia , 1 (1), 79-90.

Magdalena, M., Zagoto, & Yarni, N. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran , 2 (1), 259-265.

Magrur, R. Y., Siregar, N. R., & Silondae, D. P. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa. Jurnal BENING , 4 (1), 117-124.

Mufidah, L. L. (2017). Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak. Martabat : Jurnal Perempuan dan Anak , 1 (2), 245-260.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip , 15 (1), 56-63.

Rachmayanti, T., & Darmayanto. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Jurnal Equilibrum , 5 (9), 1-8.

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA DIAN Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran , 2 (2), 291-296.

Sari, L. E., Erlina, M., Wati, D. E., Tiligansing, S. Y., Wicaksono, A. S., S. Auna, M. S., et al. (2022). Psikologi Pembelajaran: Penerapan Psikologi dalam Pendidikan. Malang: Psychology Forum.

Subini, N. (2012). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Yogyakarta: Javalitera.

Suci, I. G., Indrawan, I., Wijoyo, H., & Kurniawan, F. (2020). Transformasi Digital dan Gaya Belajar. Purwokerto: Pena Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitan dan Pembelajaran Matematika , 10 (2), 128-132.

Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya , 2 (1), 84-104.

Winkel, W. S. (1999). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Yandri, H., Alam, M., Juliawati, D., & Sabri. (2022). Impact of Providing Content Mastery Services for The Discovery Learning Model Approach to Improve Students' Question Skills in The Learning Process in Schools. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia , 8 (3), 22-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.8958

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.