KONSEP DASAR PENGUKURAN

Wenda Asmita(1*), Wahidah Fitriani(2)

(1) UIN Mahmud Yunus Batusangkar
(2) UIN Mahmud Yunus Batusangkar
(*) Corresponding Author

Sari


Dalam evaluasi dunia pendidikan, tentu tidak akan terlepas dari dari proses pengukuran dan penilaian. Lebih khusus bagi guru Bimbingan dan Konseling pelaksanaan pengukuran yang tepat dan benar perlu diimplementasikan. Namun permasalahan yang timbul ternyata masih ada lulusan bimbingan dan konseling yang belum begitu memahami mengenai konsep pengukuran. Sehingga artikel ini diharapkan mampu menjadi solusi dalam membantu pemahaman terhadap konsep pengukuran dalam bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan adalah studi pustaka yang membahas mengenai konsep pengukuran. Baik dari sumber buku maupun jurnal terakreditasi lainnya. Yang menghasilkan adanya beberapa poin yaitu konsep pengukuran, pengukuran dengan skala, reliabilitas, validitas dan pengembangan asesmen.

 

 


Kata Kunci


Pengukuran, Bimbingan dan Konseling.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adom, Dickson, Jephtar Adu Mensah, and Dennis Atsu Dake. 2020. “Test, Measurement, and Evaluation: Understanding and Use of the Concepts in Education.” International Journal of Evaluation and Research in Education. doi: 10.11591/ijere.v9i1.20457.

Aji, Bayu Selo, Emilia Nurpitasari, Nuri Cholidah Hanum, Ahmat Ario Akbar, and Caraka Putra Bhakti. 2020. “Pengembangan Asesmen Berbasis Teknologi Untuk Keberlangsungan BK Ditengah Pandemi Covid-19.” Seminar Nasional Daring IIBKIN 2020 “Penggunaan Asesmen Dan Tes Psikologi Dalam Bimbingan Dan Konseling Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru” 98–103.

Amalianingsih, Restu &. Herdi. 2021. “STUDI LITERATUR: FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan.

Arifin, Zaenal. 2017. “Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian.” Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics).

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmita, Wenda, and Wahidah Fitriani. 2022. “Analisis Konsep Dasar Assesmen Bimbingan Dan Konseling Dalam Konteks Pendidikan.” 8:129–34.

Hays, Danica G. 2013. Assesment in Counseling; Procedures and Proctices. Virginia, United States: American Counseling Association.

Junaidi. 2015. “Memahami Skala-Skala Pengukuran.” Research Gate.

Komalasari et al. 2011. Asesmen Teknik Non Tes Dalam Perspektif BK Kompherensif. Jakarta barat: PT Indeks.

Made, Ni, Dwi Narita, Ni Komang, Sri Yuliastini, Dwi Sri Rahayu, Ni Ketut, Kusuma Umbarini, and Leslie J. Briggs. 2022. “PEMANFAATAN JENIS - JENIS MEDIA BK DI SEKOLAH PADA PEMBELAJARAN DARING.” 23(1). doi: 10.5281/zenodo.6390878.

Otaya, Lian G. 2015. “Skala Pengukuran Dalam Penelitian.” Jurnal TADBIR.

Putri, Arum Ekasari. 2019. EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING: SEBUAH STUDI PUSTAKA. Vol. 4. Bandung: Alfabeta.

Sari, Syska Purnama, and Yusi Riksa Yustiana. 2022. “COGNITIVE BEHAVIORAL UNTUK MENGEMBANGKAN RESILIENSI MAHASISWA.” Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia 8:113–20.

Simmamora. 2012. “Uji Validitas Dan Reabilitas Metode Penlitian.” Mercubuana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.8923

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.