PERAN GURU BIMBINGAN DAN KOSELING DALAM MELAKSANAKAN HOME VISIT SELAMA MASA PADEMIK COVID-19 DI SMA NEGERI 3 KOTA BIMA

Faijin Faijin(1*), Sarbudin Sarbudin(2), Muhamadiah Muhamadiah(3)

(1) STKIP Bima
(2) STKIP BIMA
(3) STKIP BIMA
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dalam melaksanakan homevisit masa pandemic dan kendala-kendala yang dihadapi guru bimbingan dan konseling di SMKN 3 Kota Bima. Metode Penelitian yaitu penelitian kualitatif empiris dengan bersumber pada data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, cara menganalisis data yaitu menganalisis data yaitu pertama mengumpulkan data, kedua memilih data yang tepat, ketiga menyajikan data, dan yang terakhir menarik kesimpulan. Peran guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan home Visit masa pandemic yaitu homevisit untuk menjalin hubungan yang  baik  dengan orangtua konseli. Membahas permasalahan konseli,  menyampaikan program sekolah terkait pengembangan konseli.  Pelaksanaan homevisit menjembatani komunikasi antara pihak sekolah dengan pihak orangtua dalam menanggulangi permasalahan konseli. pelaksanaan homevisit memungkinkan orangtua lebih leluasa menanyakan tentang karakter dari konseli. Kendala dalam home visit yaitu banyaknya tugas konselor, kurangnya jumlah konselor menyebabkan  waktu konselor menjadi terbatas. Pelaksanaan homevisit, terkadang konseli tidak berada di rumah. Pelaksanaan homevisit masih waswas dengan adanya pandemic, karena yang dibutuhkan imun tubuh yang kuat pada saat keluar rumah. kendala lain, yaitu tempat tinggal siswa jauh dari sekolah, tidak memiliki kendaraan. kendala yang dihadapi menurut orang tua yaitu kurangnya kurang disiplin oleh peserta didik, kadang telat bangun karena kelamaan begadang

Kata Kunci


Guru Bimbingan dan Konseling, Home Visit masa Pandemic

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arif Furchan, 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, (Surabaya: Usaha Nasional.

Amin Budiman, dan Hj. Setiawati, 2009., Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Dirjen Depag RI.

Arikunto, 2011. Wawancara Konseling di Sekolah Lengkap dengan Contoh Kasus dan Penanganan,(Yogyakarta: Andi Offset.

Burhan bungin, 2003. metodologi penelitan kualitatif. Jakarta, Raja Grafindo persada.

Bimo Walgito, 2005. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Yogyakarta: Andi Offset

Diah Utaminingsih dan Citra Abriani Maharani, 2017. Bimbingan dan Konseling Perkembangan Remaja, Yogyakarta: Psikosain.

J.Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto, 2011. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan, Jakarta: Kencana.

Kartini Kartono, 2005. Bimbingan dan Dasar-dasar Pelaksanaannya, Jakarta: Rajawali

Namora Lumongga Lubis, 2011. Memahami Dasar-dasar Konseling, Jakarta: Kencana

Prayitno dan Erman Amti, 1999. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rhineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta

Syafaruddin dkk, 2016. Inovasi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing

Tarmizi, 2018. Bimbingan Konseling Islami, Medan: Perdana Publishing,

Tohirin, 2014. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi),Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Zakiyah Daradjat, 2005. Pendidikan Islam dan Keluarga dan Sekolah, Jakarta: TPI Ruhama




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.8841

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.