ANALISIS COPING SKILLS KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PONTIANAK

Fazar septiyantoro(1*), Eli Trisnowati(2), Tri Mega Ralasari(3)

(1) IKIP-PGRI Pontianak
(2) IKIP-PGRI Pontianak
(3) IKIP-PGRI Pontianak
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui gambaran coping skills kepercayaan diri siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak,. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan jumlah sampel yang terlibat berjumlah 67 sampel. Dalam penelitian ini juga terdapat tujuan khsusus yang dibagi menjadi yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu sebagai berikut: Dampak dari kepercayaan diri pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak, Coping skills yang dilakukan terhadap kepercayaan diri siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak, Faktor yang mempengaruhi coping skills kepercayaan diri pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak,. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan judul analisis coping skills kepercayaan diri siswa Madrasah Tsnawiyah Negeri 2 Pontianak termasuk dalam kategori “Baik”.


Kata Kunci


Coping Skills; Coping Skills Kepercayaan Diri, Bimbingan dan Konseling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adawiyah , D.P.R., 2020. Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri. Jurnal komunikasi

Azizah, F. M. Hubungan Antara Tawakal Dengan Penerimaan Diri Pada Remaja Penyandang Cacat Tubuh Di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (Bbrsbd

Fazar, S. (2022). Analisis Coping Skills Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak (Doctoral Dissertation, Ikip Pgri Pontianak).

Febrianti, W., 2011. Layanan Informasi Oleh Guru Pembimbing Dalam Membantu Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Bergaul Pada Siswa Kelas VII Disekolah Menengah Pertama Mandiri Pontianak.

Hadiyanti, 2021. Dampak Kepercayaan Diri Mahasiswa Berwirausaha Melalui Lingkungan Keluarga Dan Kemandirian. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia.

Hanifiyah, N. F.,2012. Pengaruh pelatihan berfikir positif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X MAN Malang II kota baru.

Hartanti, B.J. c.h., jurnal bimbingan dan konseling , penyuluhan terkait stress dan mekanisme coping skills kepada remaja.

Hurlock, E. B., 2011. Psikologi Perkembangan. 5 ed. Jakarta: Erlangga.

Jumaini, J., Elita, V., & Nauli, F. A. (2019). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri remaja di Kelurahan Kulim. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 2(2).

Jumaini, J., Elita, V., & Nauli, F. A. (2019). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri remaja di Kelurahan Kulim. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 2(2).

Latifa, N. N. (2021). Pengaruh Task Commitment Dan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas Vii Di Mtsn 6 Tulungagung.

Rahmawati, R., 2015. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Klasikal Dengan Menggunakan Media Permainan Titian Balok.

Syafitri, F. (2022). Studi Kasus: Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Tn. A Dengan Masalah Harga Diri Rendah.

Syafitri, F. (2022). Studi Kasus: Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Tn. A Dengan Masalah Harga Diri Rendah.

Vivin, M. (2020). Penyebab Perilaku Kurang Percaya Diri Saat Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 4 Tanggul (Doctoral Dissertation, Universitas Muhamadiyah Jember).

Wau, Y. (2011). Kemampuan Pribadi dan Peningkatan Motivasi Berprestasi Kepala Sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 57-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.8711

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.