KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DAN AGEN PERUBAHAN (ANTI PERUNDUNGAN) DALAM MELAWAN PERUNDUNGAN DI SMK NEGERI 2 BANJARBARU

Afrilia Gusman(1), Ani Wardah(2*), Muhammad Eka Prasetia(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Prodi Bimbingan dan Konseling
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Prodi Bimbingan dan Konseling
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Prodi Bimbingan dan Konseling
(*) Corresponding Author

Sari


The anti-bullying and school-based violence program is an effort to prevent and deal with violence against children. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach. The purpose of this research is to describe the vision, mission and work programs of change agents, the impact of the existence of change agents, and how collaboration between Guidance and Counseling Teachers and Change Agents. The research subjects consisted of Guidance and Counseling Teachers, members of Change Agents and Students. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. Data analysis techniques consist of data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. The results of the study are (1) Vision and Mission of the program for preventing and overcoming acts of bullying within the education unit, as an effort to prevent and deal with violence against children. Aims to create a safe and comfortable climate for students to learn. (2) The impact of the existence of a change agent for SMK Negeri 2 Banjarbaru, namely the existence of an anti-bullying change agent has a positive impact on school residents, including self-awareness to always behave well and spread kindness to fellow human beings. (3) Guidance and Counseling Teachers and Change Agents collaborate well where the Guidance and Counseling Teachers become facilitators or coaches. Meanwhile, change agents are tasked with giving or influencing friends with positive behavior and always maintaining the comfort of the school.

Kata Kunci


Guru Bk, Agen perubahan (Anti Perundungan) dan Perundungan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azizah Maulina, A. E., (2017). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Dilingkungan Keluarga. Thufula : Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhtaul Athfal Vol.5 No.2.

Ballerina. T., dan Aria Saloka. A. I.,(2019). Menelisik Perilaku Perundungan Pada Siswa SMP Di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perilaku Vol. 3 No. 1

Departemen Agama RI. (..) Al-Qur’an dan terjemahnya. Bandung: Diponegoro

Djoekardi, D.,(2015). Sosialisasi Program Anti-Bullying Dalam Rangka Menciptakan Sekolah Damai. Vol. 16 No.1

Djunaidi. G., dan Manshur. F., (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif.

Hikmawati. F., (2012). Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajawali

Indo Tang. I.,Supraha. W., dan Kania, I. R., (2020). Upaya Mengatasinya Prilaku Perundung-an Pada Usia Remaja Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. . Vol. 14 No. 2

Ismah (2016). Layanan Bimbingan Dan Konseling Islami Melalui Teknik Modelling. Jurnal Madaniyah, Vol. 1 Edisi X

Kartika,K., Darmayanti. H., dan Kurniawati. F., (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 17 No. 1

Monks, F. J. (2014). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Moleong, L.J.,(2017) Metodologi Penelitian Kualitatif.

Edisi Revisi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Mudaim dan Fitria. E. L., (2021). Kerjasama Antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Wali Kelas dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Counseling Milenial Vol. 2 No.2

Rachmad, A., (2017). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Bullying Di Sma Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh (Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)

Rahman, A., (2016). Peranan Konselor Sekolah Dalam Meminimalisir Perilaku Bullying Di Sekolah. Journal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, Vol 2 No. 2

Rahmawati. N. R., (2020). Bentuk Kolaborasi Guru Bimbingan Dan Konseling Dengan Guru Mata Pelajaran Dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik. Al- Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol.9 No.2.

Ramlah (2018). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik. Jurnal: Al-Mau’izhah Vol.1 No.1

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Surilena (2016). Perilaku Bullying (Perundungan) pada Anak dan Remaja. CDK: Cermin Dunia Kedokteran Vol. 43 No. 1

Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 “Tentang Penganiayan Anak” Pasal 76C

Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 “Tentang Perlindungan Anak” Ayat (1a)

UNICEF (2017). Jumlah Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Dunia. (Online). (Diakses Pada Tanggal 20 Januari 2022)

Windi. L. S., (2016). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Bullying Dikalangan Peserta Didik. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 3(2), 147-157.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i2.8373

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.