Kajian Perpektif Pendidikan Guru Ditinjau dari Kompetensi dan Pemerataan Di Lapangan

Vira Afriyati(1*), Zahra Nelissa(2), Agus Taufik(3)

(1) Universitas Bengkulu
(2) Universitas Syiah Kuala
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Indonesia tidak pernah terlepas dengan Pendidikan Guru. Artikel ini bertujuan untuk menguraikan perspektif Pendidikan Guru dan isu-isu yang ada di dalamnya, serta menawarkan solusi yang mungkin diambil dalam menyelesaikannya. Metode yang digunakan adalah kajian literature. Pembahasan meliputi empat perspektif dalam memandang Pendidikan guru di Indonesia yaitu, 1) realitas guru saat ini yang ada di sekolah-sekolah, 2) kompetensi guru, 3) pemerataan guru yang ada di Indonesia, 4) profesionalitas guru yang saat ini, pemerintah menyelenggarakan PPG (Pendidikan Profesi Guru) sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan profesionalitas guru. Hasil kajian dapat digunakan sebagai pandangan dalam pengambilan kebijakan. Kajian selanjutnya perlu untuk mengembangkan perspektif Pendidikan guru lainnya dalam cakupan yang lebih luas baik secara teknis dan empiris.


Kata Kunci


Pendidikan Guru, Isu-isu, Upaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisya Maura. (2018). Fakta Kualitas Guru di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui Cari Persiapan UTBK Terlengkap ? Ayo , Gabung Program # PelatnasUTBK Ruangguru , Sekarang ! 2018.

Candiasa, I. M. (2013). Pemerataan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Komunitas Guru Online. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 2(1), 118–127. https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v1i1.1417

Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. (2005). Undang-Undang (UU) tentang guru dan dosen nomor 14. Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, 2.

Dewi, C. (2018). Implementasi kebijakan pemerataan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Indonesian Journal of Education and Learning, 1(2), 60–69. https://doi.org/10.31002/ijel.v1i2.649

Hardianto, D. (2009). Pendidikan guru dan upaya meningkatkan profesionalisme guru. Pendidikan Guru Dan Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru, 1(November), 1–10.

HATTA, A. (2021). Realitas Kekurangan Guru dan Program Merdeka Belajar 2021. 1–8.

Kilatsih, E., Saam, Z., & SUmarno. (2019). Manajemen Pendidikan. Pemetaan Dan Perataan Guru Berdasarkan Beban Mengajar Guru SMP Negeri Di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, 3(1), 56.

Marbun, J. (2016). Realitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, I, 141–162.

Mengkaka, B. (2020). Profesi Guru , Realitas dan Kebutuhan Guru di Era Digital Kelas Prakerja Ivan Gunawan. 1–8.

Nurhasanah, N., Nasution, J. A., Nelissa, Z., & Fitriani, F. (2021). Peranan Guru Kelas Sebagai Pembimbing Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Suloh, 6(1), 35–42.

Pangsetika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidkan Profesi Guru (PPG): Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia. 1995, 671–683.

Rapang, R., Yunus, M., & Apriyanti, E. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam menerapkan Peraturan-Peraturan di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3419–3423.

Sulaiman W. (2022). Pengembangan Kurikulum : (Sebagai Peran Guru Profesional). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3752–3760.

Sulastri, H. (2019). Rendahnya Kompetensi Guru Jadi Masalah Pendidikan Indonesia. Republika, October, 1–6.

Surmilasari, N., Marini, A., & Maratun, M. (2022). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah dalam Manajemen Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3270–3275.

Tri, F. (2020). 4 Kompetensi Guru yang Wajib Dimiliki oleh Calon Guru. Gurubinar.Id, 22–25.

Yunus, S. (2017). Mengkritisi Kompetensi Guru. Detik News.Com, 14, 1–5.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.7029

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.