PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN INFORMASI KARIR BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA KELAS IX SMP

Senja Rahma Yona(1*), Ardimen Ardimen(2), Dasril Dasril(3), Yuliana Nelisma(4)

(1) Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
(2) Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
(3) Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
(4) Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
(*) Corresponding Author

Sari


Pengembangan media layanan informasi karir berbasis macromedia flash yang valid dan praktis untuk siswa kelas IX SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengembangkan media layanan informasi karir berbasis macromedia flash yang valid dan praktis untuk siswa kelas IX SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model (ADDIE) yang meliputi lima tahap yaitu: Analysis, Design, Develop, implement, dan Evaluate. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi dan skala. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga indikator kebutuhan siswa terhadap informasi karir diantaranya: informasi sekolah lanjutan setelah SMP, informasi penjurusan sekolah lanjutan dan informasi jenis pekerjaan pada industry 4.0. Tahap perancangan pada penelitian ini menghasilkan 2 produk, yaitu: media layanan informasi karir berbasis macromedia flash untuk siswa kelas IX SMP dan buku pedoman penggunaannya. Hasil pengembangan produk penelitian ini berada pada kategori sangat valid, dan hasil implementasi produk penelitian berada pada kategori sangat praktis. Evaluasi akhir hasil penelitian berada pada kategori sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pelaksanaan layanan informasi karir untuk siswa kelas IX SMP.


Kata Kunci


Media Layanan Informasi Karir, Micromedia Flash

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, R. H. (2018). Implementasi Klasifikasi Media dalam Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Anisah, L. (2015). Model Layanan Informasi Karir dengan Teknik Field Trip untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Smk di Kabupaten Demak. JURNAL KONSELING GUSJIGANG. https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.292

Ardimen. (2016). PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCE MELALUI PEMBELAJARAN INTEGRATIF BERBASIS GAMES. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling.

Ardimen. (2018). PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN KONSELOR BERBASIS ASMAUL HUSNA DALAM PELAYANAN KONSELING. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam. https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.152-07

Ardimen, A. (2017). EVALUASI KINERJA KONSELOR DALAM PROSES KONSELING DAN RISET KONSELING DI SEKOLAH. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1414

Aslinda, Yuline, & Yusuf Abas. (2013). Layanan Informasi Karir Oleh Guru Pembimbing Pada Kelas VIII SMPN 21 Pontianak. Journal of Chemical Information and Modeling.

Astuti, N. D., & Nugrahanta, G. A. (2021). PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER KEBAIKAN HATI ANAK USIA 9-12 TAHUN. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar).

Dahlan, N. (2015). Efektivitas Informasi Karir dengan Media Buku Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Studi Lanjutan Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1536

Daniswari, H. P., & Kurniawan, D. E. (2020). Pengembangan Media BK Interaktif Berbasis Macromedia Flash untuk Menanamkan Nilai Karakter pada Siswa SD. … Dan Pembelajaran Ke-SD-An.

Daulay, rachmadonna shinta, Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat Teknologi. In Manfaat Teknologi Smartphone Di Kalangan Pelajar Sebagai Akses Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona-19.

Haeruddin. (2017). Media Presentasi & Game Quiz Berbasis Flash. Yogyakarta: Deepublish.

Harinah, G., M.E, W., & Tajdri, I. (2015). Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbasis Life Skills untuk Meningkatkan Pemahaman dalam Perencanaan Karir Siswa SMA. Jurnal Bimbingan Konseling, 4.1.

Hartono. (2016). Bimbingan Karir. Jakarta: Kencana.

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. JURNAL KONSELING GUSJIGANG. https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.258

Irfan, I., Jarkawi, J., & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perencanaan Karier. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v3i2.827

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kuncoro, R. &. (2011). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis. Bandung: Alfabeta.

Lutfiana, D., Swastinah, T., & Prawita, S. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Karir terhadap Pemilihan Sekolah Lanjutan. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v2i1.933

Mastur&Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Model, P., Informasi, L., Berbasis, K., Skills, L., Meningkatkan, U., Dalam, P., Karir, P., & Sma, S. (2015). Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbasis Life Skills Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Perencanaan Karir Siswa Sma. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 43–48.

Murdiyanto, A., Purwanta, E., & Kamaruddin, K. (2017). PENGEMBANGAN LAYANAN INFORMASI KARIER BERBASIS MEDIA BLOG UNTUK MENINGKATKAN EKSPLORASI KARIER SISWA DI SMP KOTA MAGELANG. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). https://doi.org/10.26737/jbki.v2i2.255

Putro, B. N., Kurniawan, A., & Fudin, M. S. (2018). Pengembangan Buku Pedoman Man To Man Defense Bola Basket Untuk Pelatih. JOURNAL SPORT AREA. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(2).2326

Rahma, U. (2010). Kemandirian Pemilihan Karir. Malang: Maliki Press.

Risqiyain, L. H., & Purwanta, E. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Informasi Karier untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.17977/um001v4i32019p088

Ritna. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Karir Terhadap Pilihan Pendidikan Lanjutan Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Luwu. 1, 5.

Said, A., Basri, H., Bimbingan, J., Islam, K., Uin, D., Kalijaga, S., & Pendahuluan, Y. A. (2010). PERAN MEDIA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM DI SEKOLAH. In JURNAL DAKWAH.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Sifonoforos.

Susanti, L. D. (2019). Pandangan Islam Tentang Pilihan Kehidupan Wanita Karir Pada Era 4.0 Refolusi Industri. SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak.

Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020). Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Informasi. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang.

Zakaria, A. F. (2018). MEDIA LAYANAN INFORMASI KARIR SEKOLAH LANJUTAN BAGI SISWA (MELANKOLIS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMILIH STUDI LANJUT SETELAH SMP. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research (2018),.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6793

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.