Layanan Informasi Tentang Tahapan Perkembangan Psikososial Pada Guru TK Balita Qur’an Jakarta

Devi Ratna Sari(1*), Christine Masada H.T(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses kegiatan layanan informasi dan respon peserta kegiatan layanan informasi tentang tahapan perkembangan psikososial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Sumber data merupakan kelompok guru TK Balita Qur’an yang berjumlah 10 orang. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa proses kegiatan layanan informasi tentang tahapan perkembangan psikososial pada guru TK Balita Qur’an dapat berjalan dengan lancar. Rangkaian kegiatan dikemas dalam tahapan POAC, yaitu planning, organizing, actuating. controlling. Respon yang ditunjukkan peserta juga sangat baik dengan adanya keaktifan peserta dalam bertanya juga ketertiban peserta dalam menyimak kegiatan layanan informasi. Rsepon peserta tersebut diperlihatkan pula dalam aspek berpikir, merasa, bersikap, bertindak, dan bertanggungjawab (BMB3).


Kata Kunci


Layanan Informasi, Perkembangan Psikososial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Fatha, P. R. (2020). Efektivitas Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Pada Siswa Kelas X Man 1 Aceh Tenggara. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKABKI), 2(1).

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arifyanto, A. T. (2020). Layanan Informasi Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Motivasi Mahasiswadalam Penyelesaikan Tugas Akhir. Gema Pendidikan, 27(1), 62–74.

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Emiliza, T. (2019). Konsep Psikososial Menurut Teori erik h. Erikson Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Pendidikan Islam Konsep Psikososial Menurut Teori Erik H. Erikson Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. Iain Bengkulu.

Gunarsa, S. (2008). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Retrieved from https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=sDcYbzE-dXAC&oi=fnd&pg=PA3&dq=Berkaitan+dengan+pemeliharaan+kesehatan+mental,+mengungkapkan+bahwa+untuk+memelihara+kesehatan+mental+dan+penyesuaian+yang+baik,+perilaku+manusia+harus+sesuai+dengan+sifat+manusia+sebagai+pribadi+yang+bermoral,+intelektual,+religius,+emosional+dan+sosial.+&ots=38tTUOgsbZ&sig=94Kw0A2oAkPXJj2kohe1bsyxs8Q

Hasneli, Y. (n.d.). Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah. Riau University.

Hastuti, D. (2009). Stimulasi psikososial pada anak kelompok bermain dan pengaruhnya pada perkembangan motorik, kognitif, sosial emosi, dan moral/karakter anak. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 2(1), 41–56.

Hendarto, B. D., & Hartini, S. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Film Terhadap Kemampuan Perencanaan Karir Pada Siswa Xi Ipa 4 Sma Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2015/2016. Medikons: Jurnal Prodi Bimbingan Dan Konseling Unisri Surakarta, 4(1).

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi karir membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1), 107128.

Lestari, I. (2015). Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajaranak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).

M Arie Praja S, M. (2011). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Mi Assafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar Tahun 2010/2011.

Mamangkey, R., Aling, D. R. R., & Longdong, F. V. (2020). Dinamika Kelompok Daerah Perlindungan Laut Di Desa Bahoi Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. Akulturasi: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 8(2), 218–228.

Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muharrahman, M. (2019). Perkembangan Anak Pada Masa Anak-Anak Awal Perspektif Erik Erikson. Jurnal I’TIBAR, 3(02).

Muri’ah, D. R. H. S., & Wardan, K. (2020). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Literasi Nusantara.

Mutmainnah, M. (2019). Lingkungan Dan Perkembangan Anak Usia Dini Dilihat Dari Perspektif Psikologi. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 5(2), 15–32.

Nurhayati, T. (2016). Perkembangan perilaku psikososial pada masa pubertas. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(1).

Reindravi, S. (2000). Perkembangan Psikososial Anak. Bagian/SMF Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Sari, E. W., Yusmansyah, Y., & Dahlan, S. (2013). Penggunaan Layanan Informasi Dalam Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Aktivitas belajar. Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), 2(4).

Sugiyono, P. (n.d.). Dr. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Utami, R. B. (2008). Pengaruh tingkat pendidikan dan tipe pola asuh orang tua terhadap perkembangan psikososial anak prasekolah di Taman Kanak–kanak Aisyiyah II Nganjuk. UNS (Sebelas Maret University).

Wulandari, W. (2017). Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Dengan Layanan Informasi Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling Di Smpn 3 BanjarbarU. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 3(2), 25–31.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5909

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.