GAMBARAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING MAHASISWA SELAMA PROSES PERKULIAHAN ONLINE GUNA UNTUK MELIHAT LEARNING LOSS DI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Cici Ismuniar(1*), Emmy Ardiwinata(2)

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author

Sari


Psychological well being merupakan salah satu keadaan psikologis yang dialami oleh mahasiswa yang mempengaruhi pembelajarannya terutama disaat mewabahnya virus corona baru (COVID 19). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Psychological well being mahasiswa dalam menjalani kuliah daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan skala penelitian ini menggunakan teori PWB (Psychological Well-Being) yang dikembangkan oleh Carol Ryff (1989). Skala PWB (Psychological Well-Being)  yang di gunakan terdiri atas enam aspek yaitu otonomi, penguasaan atas lingkungan, pertumbuhan pribadi, hubungan positif dengan orang lain, tujuan hidup, dan penerimaan diri. Responden dalam penelitian ini merupakan Mahasiswa semester III dan IV Universitas Borneo Tarakan. Pemilihan sampel penelitian menggunakan Teknik simple random sampling sehingga respon pada penlitian ini sebanyak 250 mahasiswa. Hasil penelitian adalah Psychological well being mahasiswa Universitas Borneo Tarakan termasuk dalam kategori sedang, psychological well being mahasiswa berada di kategori sedang dimana artinya mahasiswa Universitas Borneo Tarakan cukup memiliki kesejahteraan psikologis atau  Psychological Well-Being selama perkuliahan daring saat pandemic Covid-19. Namun di satu sisi selama pandemic proses pembelajaran daring/online, mahasiswa banyak mengalami kesulitan. Adanya kesulitan-kesulitan dalam proses pembelajaran ini akan mengakibatkan munculnya Learning loss.


Kata Kunci


Kesejahteraan Psikologi, mahasiswa, learning loss

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Carr, A. (2004). Positive psychology: The science of happiness and human s trength. New York: Brunner Routledge

Diener, E., Horwitz, J., & Emmons, R. A. (1984). The Satisfaction with Life Scale. Journal of Personality Assessment.

Di Pietro, G. (2020). JRC TECHNICAL REPORT. The likely impact of COVID- 19 on education: Reflections based on the existing literature and recent international datasets.

Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning Loss During Covid-19: An Early Systematic Review. Covid Economics Vetted and Real-Time Papers, 77.

Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended Learning: The New Normal And Emerging Technologies. International Journal Of Educational Technology In Higher Education, 15(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.1186/S41239-017-0087-5

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning Loss Due to School Closures During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17). https://doi.org/10.1073/PNAS.2022376118

Huang, Y., Wang, Y., Tai, Y., Liu, X., Shen, P., Li, S., ... Huang, F. (2020). Curricularface: Adaptive Curriculum Learning Loss For Deep Face Recognition. Proceedings Of The Ieee Computer Society Conference On Computer Vision And Pattern Recognition. Https://Doi.Org/Retrieved From Https://Doi.Org/10.1109/Cvpr42600.2020.00594.

Linawati, R. A., & Desiningrum, D. R. (2017). Hubungan antara Religiusitas dengan Psychological Well-Being pada Siswa SMO Muhammadiyah 7 Semarang. Jurnal Empati, 7(3), 105-109. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/19738

Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis Situasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid- 19 Di Sdn Senurus: Kemungkinan Terjadinya Learning Loss. Closse, 4(3), 328–336.

Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.274

Ramadhani, T., Djunaedi, D., & Sismiati S., A. (2016). Kesejahteraan Psikologis (Psychological Well-Being) Siswa yang Orangtuanya Bercerai (Studi Deskriptif yang Dilakukan pada Siswa di SMK Negeri 26 Pembangunan Jakarta). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 108. https://doi.org/10.21009/insight.051.16

Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Exploration on the meaning of psychological well- being. Journal of Personality and Social Psychology, 57, 6, 1069 – 1081

Seligman, M.E.P. (2005). Authen- tic happiness :Menciptakan keba- hagiaan dengan psikologi positif. Alih bahasa: Eva Yulia. Nukman. Bandung : PT MizanPustaka

Thoybah, N. (2020). Determinan Kesejahteraan Psikologis Siswa SMP di Kota Padang. (Skripsi, Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang).

Gladding, S. T. (2012). Konseling: Profesi yang Menyeluruh (6th ed.). (P. Winarno, & L. Yuwono, Trans.) Jakarta: PT. Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5807

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.