KEMAMPUAN KOMUNIKASI ORANGTUA DALAM MITIGASI LEARNING LOSS PADA ANAK DI KOTA TARAKAN

Emmy Ardiwinata(1*), Cici Ismuniar(2)

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author

Sari


Partisipasi yang dapat orang tua lakukan selama anak BDR adalah membangun komunikasi yang baik dengan anak karena orang tua memegang peranan penting dalam membantu anak agar mencapai kompetensi sesuai level. Komunikasi orangtua pada anak memiliki makna bukan hanya pesan yang tersampaikan secara lisan namun juga memiliki muatan dukungan dan ungkapan kasih sayang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan komunikasi orangtua dalam mitigasi learning loss pada anak di Kota Tarakan. Indikator yang diukur yakni keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesamaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala komunikasi untuk memperoleh data tingkat komunikasi orang tua. Subyek dalam penelitian ini adalah 260 orang tua siswa dari kelas 7 SMP Negeri di Kota Tarakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari data yang yang di dapat, dapat dianalisis bahwa orangtua di SMP Negeri Kota Tarakan sudah mampu berkomunikasi yang mumpuni dan dapat membantu anaknya dalam proses pembelajaran dari rumah.


Kata Kunci


Komunikasi; Learning Loss

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Massa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 489.

Azwar, S. (2008). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Devito, J. A. (2013). The Interpersonal Communication Book. New York: Pearson.

Effendy, O. U. (2000). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Glossary, T. (2013, Agustus 29). Learning Loss. Retrieved from The Glossary Of Education Reform: https://www.edglossary.org/learning-loss/

Huong, L. T., & Jatturas, T. N. (2020, Mei 18). The Covid-19 Induced Learning Loss - What Is It And How It Can Be Mitigated? Retrieved from UKFIET The Education And Development Forum: https://www.ukfiet.org/2020/the-covid-19-induced-learning-loss-what-is-it-and-how-it-can-be-mitigated/

Prasetyo, M. (2000). Kesehatan Mental Anak Dalam Keluarga. Semarang: FIP UNNES.

Pratiwi. (2021). Dinamika Learning Loss: Guru dan

Orang Tua. Jurnal Edukasi Nonformal, 146

Sears, W. (2004). Anak Cerdas: Peran Orang Tua Dalam Mewujudkannya. Jakarta: Emerald Publishing.

Sugiyono. (2017). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5805

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.