PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR DI SMK NEGERI 1 LOKSADO

Abdul Rahman(1*)

(1) Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Abstrak

Peranan guru bimbingan dan konseling sebagai pelaksana utama yang mengkoordinir semua kegitan bimbingan dan konseling di sekolah layanan bimbingan belajar merupakan suatu bantuan yang dapat diberikan oleh seseorang yang terdidik pada orang lain yang mana usianya tidak ditentukan untuk dapat menjalani kegiatan dalam hidupnya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Peranan Guru Bimbingan Konseling Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar di SMK Negeri 1 Loksado. Faktor –faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar di SMK Negeri 1 Loksado. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Tujuan penelitian dengan menggunakan metode ini adalah ingin mengetahui Bagaimana Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar di SMK Negeri 1 Loksado dan subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Loksado. Sampel pada penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling SMK Negeri 1 Loksado. Teknik analisis data dengan cara mengumpulan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian guru Bimbingan dan Konseling memberikan layanan bimbingan belajar dan menerapkan kepada semua siswa di SMK Negeri 1 Loksado agar semua siswa. Proses pelaksanaan bimbingan belajar di SMK Negeri 1 Loksado dilaksanakan melalui ketentuan program pemerintah materi yang disampaikan dan materi yang akan disampaikan oleh pihak sekolah kemudian melakukan pendekatan kepada siswa. Materi Bimbingan Belajar Materi Bimbingan yaitu Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kegiatan peningkatan motivasi, Peningkatan Keterampilan Belajar dan Pengembangan Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar Pelaksanaan bimbingan belajar di SMK Negeri 1 Loksado, para siswa antusias dalam pemberian bimbingan belajar, akan tetapi ada sebagian terkecil siswa masih kurang antusias dalam pemberian materi bimbingan belajar ini dan faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi Pelaksanaan Bimbingan Belajar di SMK Negeri 1 Loksado yaitu faktor Internal mencakup Siswa dan guru Bimbingan Konseling, faktor eksternal mencakup lingkungan, ruangan dan dukungan pihak luar (orang tua). Pengaruh positif dalam pelaksanaan bimbingan belajar di SMK Negeri 1 Loksado adalah siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam belajar dan menjadi tahu tujuan arti belajar. Saran untuk lebih lancaranya pelaksanaan bimbingan konseling, hendaknya guru bimbingan dan konseling dapat lebih mengembangkan diri siswa agar dapat meningkatnya kualitas layanan bimbingan konseling.

Kata Kunci : Guru Bimbingan Konseling, Bimbingan Belajar


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v1i3.580

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.