ORIENTASI KARIR PADA GURU MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DI INDONESIA (Studi Deskriptif Berdasarkan Teori Jangkar Karir Schein)

Khaeriah khaeriah(1*), Dede Rahmat Hidayat(2), Dede Rahmat Hidayat(3), Herdi herdi(4), Herdi herdi(5)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) universitas negeri jakarta
(3) universitas negeri jakarta
(4) universitas negeri jakarta
(5) universitas negeri jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Orientasi karir pada guru menjadi hal yang menarik untuk dikaji, karena guru menjadi salah satu pekerjaan yang banyak didambakan oleh banyak orang juga memiliki prosepek masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengekspolorasi orientasi karir pada guru berdasarkan latar belakang gender, jenjang pendidikan dan asal daerah (letak geografis). Schein merujuk orientasi karir seseorang pada 9 dimensi jangkar karir. Sampel penelitian yaitu guru-guru dari sembilan MAN IC yang terdiri dari 157 responden. Pemilihan populasi dan sampel menggunakan teknik area sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama gambaran umum orientasi karir pada guru man ic yang paling tinggi rata-ratanya yaitu pada dimensi keamanan kerja. Kedua, dari 9 jangkar karir, 8 dimensi tidak terdapat perbedaan orientasi karir pada guru laki-laki maupun perempuan, kecuali pada dimensi kompetensi manajerial. Ketiga tidak terdapat perbedaan orientasi karir pada guru berdasarkan jenjang pendidikan, baik dari S1, S2 maupun S3. Keempat, dari 9 jangkar karir, 7 dimensi jangkar karir tidak terdapat perbedaan orientasi karir guru berdasarkan asal daerah (letak geografis), kecuali pada dimensi kompetensi manajerial dan keamanan kerja.

Kata Kunci


Orientasi karir, Guru, Jangkar karir

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akmal, S. Z., & Arlinkasari, F. (2017). Career Orientation Scale: Validity and Reliability Test with Confirmatory Factor Analysi. International Conference on Education and Social Science, February 2018.

Anggun, T. G. (2016). Sebab Orang Minang Sukses di Rantau. https://sumbarprov.go.id/home/news/9319-sebab-orang-minang-sukses-di-rantau.html

Arifianto, E. (2010). Mengukur Kinerja Kota-Kota Di Indonesia Dengan Pendekatan City Development Index (CDI): Kajian Studi Pada 32 Kota Di Pulau Jawa Tahun 2008 [Universitas Indonesia]. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/131609-T 27560-Mengukur kinerja-Metodologi.pdf

Asamani, L., Cobbold, C., & Dai-Kosi, A. D. (2015). Career orientations as antecedent of perceived life satisfaction among Ghanaian teachers. Public Policy and Administration Research, 5(4), 84–94. researchgate.net

Asnita Putri Dewi, dan R. (2020). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. 5(1).

Bravo, J., Seibert, S. E., Kraimer, M. L., Wayne, S. J., & Liden, R. C. (2017). Measuring Career Orientations in the Era of the Boundaryless Career. Journal of Career Assessment, 25(3), 502–525. https://doi.org/10.1177/1069072715616107

Chandra, Y. (2017). Tingkat Aspirasi Karir Siswa Di Tinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 199. https://doi.org/10.22373/je.v3i2.3096

Coetzee, M., Bergh, Z., & Schreuder, D. (2010). The influence of career orientations on subjective work experiences. SA Journal of Human Resource Management, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.4102/sajhrm.v8i1.279

Darmoko. (2017). Budaya Jawa Dalam Diaspora: Tinjauan Pada Masyarakat Jawa di Suriname. 1–19. https://journal.uny.ac.id/index.php/ikadbudi/article/download/12307/8764

Darwin, S. (2002). Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Pustaka Setia.

Disas, E. P. (2017). Analisis Kebijakan Pendidikan Mengenai Pengembangan Dan Peningkatan Profesi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v17i2.8251

Editor. (2021). Kenapa Orang Batak Terkenal dengan Profesi Pengacara_.

Igbaria, M., & Baroudi, J. J. (1993). Linked references are available on JSTOR for this article : A Short-Form Measure of Career Orientations : A Psychometric Evaluation. Journal of Management Information Systems, 10(2), 131–154.

Igbaria, M., Greenhaus, J. H., & Parasuraman, S. (1991). Career orientations of MIS employees: An empirical analysis. MIS Quarterly: Management Information Systems, 15(2), 151–169. https://doi.org/10.2307/249376

Irmayani, N. A. (2018). Pengaruh Pendidikan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Issue 21). Universitas Pasundan.

Leong, F. T. L., Rosenberg, S. D., & Chong, S. H. (2014). A Psychometric Evaluation of Schein’s (1985) Career Orientations Inventory. Journal of Career Assessment, 22(3), 524–538. https://doi.org/10.1177/1069072713498685

Mukti, S. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1), 81–90.

Mundiri, A., & Bariroh, A. (2019). Amplifikasi Profesi Guru Dalam Proses Pendidikan Transformatif Perspektif Al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 18(1), 159. https://doi.org/10.22373/jiif.v18i1.3288

Mustofa, -. (2012). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 76–88. https://doi.org/10.21831/jep.v4i1.619

No. (2016). 63% Guru adalah Perempuan Benarkah Profesi Ini Lebih Cocok Bagi Kaum Hawa? (Https://Www.Panduanmengajar.Com/2016/10/Guru-Perempuan.Html.

Pranoto, S. W. (2005). Budaya Daerah Dalam Era Desentralisasi. Humaniora, 17(3), 236–242.

Rodrigues, R., Guest, D., & Budjanovcanin, A. (2013). From anchors to orientations: Towards a contemporary theory of career preferences. Journal of Vocational Behavior, 83(2), 142–152. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2013.04.002

S. Dewi, I.W. Bagia, G. P. A. . S. (2016). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Dinamika DotCom, 4(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.35137/jmbk.v9i1.523

Saputri, Y. Y., & Yusuf, A. (2016). Orientasi karir pada peserta didik di sma negeri 1 sungai raya. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–9.

Schein, E. H. (1990). Career anchors and job/role planning: The links between career pathing and career development. Career Development: Theory and Practice, September, 207–218.

Subandrijo. (2001). Pembinaan Guru di Daerah Terpencil. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 8 No.

Susanti, R. R. (2014). Abstrak. Differences of Career Anchor in Generation X and Generation Y Employee. Abstract. Pendahuluan - PDF Free Download.pdf. Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia.

Trisnowati, E. (2016). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Orientasi Karir Remaja. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 41–53.

Utami, S. (2019). Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518–527.

Vargas, R. C., & Teixeira, A. (2018). Satisfaction at IFES: An analysis through career anchors. Revista de Administracao Mackenzie, 19(3). https://doi.org/10.1590/1678-6971/eRAMG180101

Vito, B., & Krisnani, H. (2015). Kesenjangan Pendidikan Desa Dan Kota. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 247–251. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13533

Wang, J., Zhao, Q., Liu, T., An, M., & Pan, Z. (2019). Career orientation and its impact factors of general practitioners in Shanghai, China: A cross-sectional study. BMJ Open, 9(3), 1–9. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2018-021980

Widodo, S., Meiliani, M., & Muchiri, M. K. (2020). Investigating Factor Structures Underlying the Construct of Career Anchor Inventory in the Indonesian Context. Proceeding of the 4th International Conference on Business, Management & Edonomics, 1–14. https://www.dpublication.com/proceeding/4th-icbmeconf/#Table-of-Contents

Yuksel-Sahin, F., & Hotaman, D. (2009). Vocational guidance aid in the orientation to teaching profession and teacher education. European Journal of Social Sciences, 10(1), 25–35.

Yurike. (2014). Perbedaan Orientasi Karir…, Yurike Budiargo, Fakultas Psikologi UMP, 2014. 9–26.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5430

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.