PENDIDIKAN KARAKTER ANAK JALANAN DI SEKOLAH KELAS KHUSUS PASAR LIMA BANJARMASIN

Muhammad Adhitya Hidayat Putra(1*), Mutiani Mutiani(2), Jumriani Jumriani(3)

(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Sekolah Kelas Khusus Pasar Lima dan mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter  bagi anak jalanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di Sekolah  Kelas Khusus Pasar Lima Kota Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan  dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Berdirinya sekolah ini sangat membantu anak jalanan yang ada di kota Banjarmasin untuk mendapatkan haknya yaitu dapat mengenyam  pendidikan sehingga mereka tidak lagi menjadi anak di jalanan karena mereka didik dan dibina di sekolah ini. Pelaksanaan pendidikan karakter yang ada disekolah ini memberikan dampak positif kepada peserta didik walaupun dalam memberikan pendidikan karakter tanpa ada rencana tertulis tentang karakter yang di tanamkan.


Kata Kunci


Pendidikan Karakter, Anak Jalanan, Sekolah Kelas Khusus Pasar Lima

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas, E. W. (2014). Pendidikan Karakter.

Departemen Sosial RI. 2001. Intervensi Psikososial. Jakarta: Departemen Sosial RI.

Departemen Sosial RI. 2005. Petunjuk Teknis Pelayanan Sosial Anak Jalanan. Jakarta: Departemen Sosial RI.

Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hariyanto dan Muchlas Samani. 2013. Pendidikan Karakter: Konsep dan Model. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Kemendiknas. 2010. Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendiknas.

Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. 2014. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.

Puskur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.

Putra, M. A. H. (2019). Building Character Education Through The Civilization Nations Children. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 12-17.

Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh kompetensi pedagogik dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375-387.

Siswoyo, Dwi. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i2.5312

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.