KORELASI KARAKTER GURU BIMBINGAN KONSELING,DORONGAN ORANG TUA TERHADAP PRILAKU SISWA KELAS VIII MTS AL-MUDDAKIR BANJARMASIN

Hairinah Hairinah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Karakter merupakan kebijakan yang ditanamkan pendidik dengan cara memasukkan materi dan nilai yang mempunyai relevansi dalam membangun sistem berpikir dan berprilaku anak. Siswa dalam kehidupannya selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Siswa yang mengalami kesulitan dapat ditolong dengan memberikan layanan bimbingan konseling yang sebaik-baiknya. Melalui program layanan bimbingan konseling diharapkan akan membantu berbagai masalah yang dihadapi siswa sehingga dengan kemampuannya sendiri akan dapat mengatasi permasalahan­ permasalahan dan dapat membuat keputusan dalam hidupnya dan dapat membantu  memperbaiki prilaku siswa. Adolf Heuken (2002:14) mengemukakan bahwa "karakter adalah suatu pola kebiasaan perbuatan seseorang baik jasmani, rohani dan emosinya yang ditatanya dalam caranya yang khas, dibawah beraneka pengaruh dari luar".

Metode deskriftif  kuantitatif dengan teknik korelasional berlandaskan pada filsafat positivism, teknik purposive random sampling, data didapat melalui angket yang  telah diberi skor, analisis data bersifat kuantitatif. rancangan Penelitian : a. Menyebar angket, b. hasil dianalisis dan diambil kesimpulan, c. Interprestasikan hasil analisis, d. analisis persentasi, e. proses analisis data menggunakan pola pengukuran yaitu eksperimen yang memiliki pengakuan dan unit-unit eksprimen namun tidak menggunakan penempatan secara acak.

Hasil perhitungan dengan menggunakan korelasi pearson correlation, menghasilkan angka korelasi antara variabel karakter guru bimbingan konseling dengan dengan dukungan orangtua terhadap perilaku siswa di Madrasah  Tsanawiyah Almuddakir Banjarmasin adalah sebesar 0,453. Nilai taraf signifikan pearson correlation ternyata r hitung 0,453 lebih besar dari r tabel untuk taraf kepercayaan 5% (0,279), yakni : 0,453> 0,279. Artinya bahwa apabila semakin baik karakter guru bimbingan konseling diberikan maka semakin baik hasil perilaku siswa.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v1i2.355

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.