PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN DI SMP NEGERI 2 KANDANGAN
(1) 
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kandangan yang beralamat di Jalan Aluh Idut No. 48 Nomor Telpon (0517) 21058 Kecamatan Kandangan Kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di SMP Negeri 2 Kandangan, bagaimana perananan guru bimbingan dan konseling serta bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling terhadap aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di SMP Negeri 2 Kandangan.
Untuk menggali data tentang bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling terhadap aktifitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di SMP Negeri 2 Kandangan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam,observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis induksi dan analisis kasus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di SMP Negeri 2 Kandangan adalah siswa memiliki aktivitas belajar seperti mengerjakan tugas guru, mendengarkan penjelasan guru, mencatat hal-hal penting dalam pelajaran, selain itu ditemukan juga bahwa siswa menunjukkan aktivitas belajar seperti berbicara ketika guru menjelaskan dan keluar masuk kelas. Adapun, peranan guru bimbingan dan konseling terhadap aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di SMP Negeri 2 Kandangan adalah dengan memberikan bimbingan baik secara individu, kelompok maupun klasikal.
Pelaksanaan bimbingan dan konseling terhadap aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di SMP Negeri 2 Kandangan menunjukkan bahwa layanan bimbingan dan konseling yang diberikan terkait aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran adalah layanan orientasi, layanan informasi, layanan penguasaan konten, layanan konseling individu, layanan konsultasi. Waktu pelaksanaan layanan dilaksanakan sesuai kebutuhan dengan tempat pelaksanaan disesuaikan dengan format kegiatan yang dilakukanTeks Lengkap:
PDFReferensi
Mulyono.2012. Anak Berkesulitan Belajar. Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Jaya
Badudu, J.S & Zain, Sutan Muhammad. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia
Hamdani. 2012. Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung: CV. Pustaka Setia
Hamiyah, Nur & Muhammad Jauhar. 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta
Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi
Mu’awanah, Elfi & Rifa Hidayah. Bimbingan Konseling Islami di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
R, Thantawy. 2005. Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT . Grasindo
.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih.2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling. Pendidikan Non Formal dan Informal.Yogyakarta: CV. Andi Offset
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pres
Tim Pustaka Phoenix, 2013. Kamus Besar Bahsa Indonesia. Jakarta: PT. Media Pustaka Phoenix.
Wardhana, Yana. 2010. Teori Belajar dan Mengajar. Bandung: PT. Pribumi Mekar
Wardati & Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi Bimbingan & Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v1i2.354
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.