PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN DI SMP NEGERI 2 KANDANGAN

Ayu Rozalina(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kandangan yang beralamat di Jalan Aluh Idut No. 48 Nomor Telpon (0517) 21058 Kecamatan Kandangan Kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan tujuan  untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di SMP Negeri 2 Kandangan, bagaimana perananan guru bimbingan dan konseling serta bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling terhadap aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di SMP Negeri 2 Kandangan.

Untuk menggali data tentang bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling terhadap aktifitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di SMP Negeri 2 Kandangan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam,observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis induksi dan analisis kasus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam  mengikuti pelajaran di SMP Negeri 2 Kandangan adalah siswa memiliki aktivitas belajar seperti mengerjakan tugas guru, mendengarkan penjelasan guru, mencatat hal-hal penting dalam pelajaran, selain itu ditemukan juga bahwa siswa menunjukkan aktivitas belajar seperti berbicara ketika guru menjelaskan  dan  keluar masuk kelas. Adapun, peranan guru bimbingan dan konseling terhadap aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di SMP Negeri 2 Kandangan adalah dengan memberikan bimbingan baik secara individu, kelompok maupun klasikal.

Pelaksanaan bimbingan dan konseling terhadap aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di SMP Negeri 2 Kandangan menunjukkan bahwa layanan bimbingan dan konseling yang diberikan terkait aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pelajaran adalah layanan orientasi, layanan informasi, layanan penguasaan konten, layanan konseling individu, layanan konsultasi. Waktu  pelaksanaan  layanan dilaksanakan sesuai kebutuhan dengan tempat pelaksanaan disesuaikan dengan format kegiatan yang dilakukan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mulyono.2012. Anak Berkesulitan Belajar. Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Jaya

Badudu, J.S & Zain, Sutan Muhammad. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia

Hamdani. 2012. Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung: CV. Pustaka Setia

Hamiyah, Nur & Muhammad Jauhar. 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta

Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi

Mu’awanah, Elfi & Rifa Hidayah. Bimbingan Konseling Islami di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

R, Thantawy. 2005. Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT . Grasindo

.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih.2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling. Pendidikan Non Formal dan Informal.Yogyakarta: CV. Andi Offset

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pres

Tim Pustaka Phoenix, 2013. Kamus Besar Bahsa Indonesia. Jakarta: PT. Media Pustaka Phoenix.

Wardhana, Yana. 2010. Teori Belajar dan Mengajar. Bandung: PT. Pribumi Mekar

Wardati & Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi Bimbingan & Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v1i2.354

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.