KORELASI DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEPUASAN PEMILIHAN JURUSAN SISWA KELAS SMK NEGERI 1 SIMPANG EMPAT KABUPATEN BANJAR

Melly Melly(1*), Sultani Sultani(2), Aminah Aminah(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Dukungan orang tua merupakan bantuan yang diberikan orang tua sebagaimana orang yang bertanggung jawab terhadap pendidikan ataupun keperluan hidup lainnya. Dalam memutuskan pemilihan jurusan, orangtua juga memiliki peran untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan jurusan pendidikan pada anaknya. Adapun tujuan penelitian yang akan dilaksanakan adalah untuk mengetahui korelasi antara dukungan orang tua terhadap kepuasan pemilihan jurusan siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Banjar. Desain penelitian ini adalah penelitian korelasi, suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data, guna menentukan apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik Pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian diambil dengan menggunakan angket (kuesioner) berbentuk checklist. Adapun hasil penelitian uji korelasi dengan rumus korelasi spearman rank, pada penelitian ini yakni terdapat hubungan antara variabel dukungan orangtua dengan variabel kepuasan memilih jurusan pada siswa SMK menunjukan nilai korelasi yaitu 0,660 (>) 0,05 maka dua variabel tersebut termasuk memiliki hubungan berkorelasi. Diharapkan guru dan konselor dapat memberikan pengarahan atau sosialisasi mengenai pentingnya program jurusan yang ada di sekolah, sehingga siswa tidak kekurangan informasi, bagi orang tua, agar orang tua saling memberikan dukungan penuh pada anak, baik berupa dukungan instrument, informasi, penghargaan, dan emosi, hal ini penting mengingat kondisi/suasana yang sedang terjadi mempengaruhi pemilihan jurusan.

Kata Kunci


Dukungan Orang Tua; Kepuasan; Pemilihan Jurusan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2).

Hapsari, P. E. (2011). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya dan Bimbingan Orang Tua terhadap Pemilihan Penjurusan pada Siswa SMK (Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Slawi) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Laden, M. (2014). Peranan Dukungan Orang Tua Dengan Keputusan Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii SMA Katolik WR Soepratman Samarinda. Psikoborneo, 2(2).

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suryani, A. I (2020). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pemilihan Jurusan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Silak Gulu Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Provensi Riau (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Nugrahini, A. K. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Jurusan Dan Kepuasan Dalam Menjalani Jurusan Diperguruan Tinggi, (Doctoral Dissertation, Universitas Dharma Yogyakarta).

Itryah, I. (2013). Interaksi Keluarga Dan Peran Orang Tua Terhadap Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Siswa SMA Di Palembang.

Husna, R. K., & Taufik, N. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Minat Pilihan Karir Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i2.3403

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.