MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN PADA KELAS VIII MTS AL-AZHAR KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA

Wulan Tiara Savitri(1*), Muhammad Yuliansyah(2), Zainal Fauzi(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Permasalahan dalam penelitian ini ialah, masih adanya kecerdasan interpersonal siswa di Mts Al-Azhar yang tergolong kurang, beberapa ciri yang menunjukkan bahwa siswa tersebut kurang dalam kecerdasan interpersonalnya ialah seperti, belum mampu mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah, kurang bisa menghargai orang lain, dll. Tujuan penelitian ini ialah, untuk mengetahui kecerdasan interpersonal siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, serta apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII di Mts Al-Azhar Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala tahun 2017/2018. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pre-eksperimental design, dengan menggunakan rancangan one group pretes and post-test. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa kelas VIII Mts Al-Azhar Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala yang masih kurang dalam kecerdasan interpersonalnya. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji wilcoxon signed ranks test. Dari hasil analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank diperoleh hasil Zhitung sebesar -2.521 dengan taraf signifikansi 5% yaitu 0,05 dan Asymp.Sig = .012. Karena nilai Asymp.Sig = .012 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa.


Kata Kunci


Kecerdasan Interpersonal; Layanan Bimbingan Kelompok.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hartinah, S. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama

Prayitno. Dan Amti, E. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian PendidikanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwo. Dan Eliasa, E.I. 2010. Permainan (Games) dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Utami, D. 2014. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Tekinik Prmaian Simulasi Terhadap Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa. In KES (Vol. 2, No. 1).

Wiyani, N.A. 2014. Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yarni, D. 2015. Perbedaan Kecerdasan Interpersonal Pada Remaja dengan Orangtua Lengkap dan Tidak Lengkap (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v4i1.1324

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.