LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VIII MTs NURUL FALAH JUAI KABUPATEN BALANGAN

Yarah Yarah(1*), Jarkawi Jarkawi(2), Farial Farial(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Latar belakang penelitian ini didasari atas dasar perilaku siswa yang pasif dalam proses belajar mengajar seperti sulit mengemukakan pendapat, kurang mampu dalam berbicara didepan kelas, merasa cemas, gugup saat ingin bertanya dengan guru, ataupun persentasi dalam diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok.  Hipotesis dalam penelitian ini layanan bimbingan kelompok efektif mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai tahun 2017. Sampel penelitian ini menggunakan teknik probabillty sampling dengan random sampling. Variabel yang digunakan yaitu layanan bimbingan kelompok sebagai variabel bebas dan kecemasan berkomunikasi sebagai variabel terikat. Uji validasi instumen menggunakan kolerasi item total terkoreksi, dan dilanjutkan uji reabilitas menggunakan rumus alpha. Hasil uji validitas instrumen diperoleh butir instrumen yang valid 60 butir dan 5 butir tidak valid digugurkan dengan koefisien reabilitas sebesar 0,947. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukan t-hitung (-23,768) < t-tabel (2,821). Dengan kata lain dapat dinyatakan hipotesis awal Ho ditolak yang berbunyi “tidak ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan”, sedangkan hipotesis kerja (Ha diterima) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan”. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ”Layanan bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan”, terbukti kebenarannya.


Kata Kunci


Layanan Bimbingan Kelompok; Kecemasan Berkomunikasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Samsul B. 2015. Psikolosi Sosial. Jawa Barat: CV PUSTAKA SETIA

Apriyanti, Seli.2013. Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Kecemasan Komunikasi Pada Remaja Tahun 2013. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia

Aswida,W, Marjhohan, dan syukur, Y. 2012. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Siswa. Konselor, Jurnal Ilmiah Konseling. Vol 1, No.1, Hal1-11

Hafizah, Aulia. 2106. Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Efek Negatif Pengguna Handphone pada Siswa Kelas X SMA KORPRI Banjarmasin Tahun 2015/2016. Skripsi Universitas Islam Kalimantan

Musfiqun. 2012. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Nurcholifa, Siti. 2014. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Banu Hasan Janti Waru Sidoarjo Tahun 2014. Skirpsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prayitno dan Amti, E. 2015. Dasar-dasar Bimbingan dan konseling. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Putro, Eko Adi, Sugiharto, DYP, dan Sugiyo. 2013. Keefektifan BK Kelompok dengan Menggunakan Permainan Untuk Mengurangi Communication Apprehension Siswa SMA Kelas X. Jurnal Bimbingan Konseling. Hal25-33

Rahmawati. 2014. Efektivitas Layanan Mediasi Dalam Mengatasi Problema Siswa Dalam Berperilaku Di SMPN 2 Halong Tahun 2014. Skripsi Universitas Islam Kalimantan

Rizkina, M, Setyowani, N, dan Mugiarso, H. 2013. Meningkatkan Keaktifan Diskusi Kelompok Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIIIE SMPN 19 Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Appliction. Hal9-16

Sadik, Irsan, Pajral. 2010. Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Yang Berprestasi di SDN Asam-asam 8 Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut Tahun 2010. Skripsi Univesitas Islam Kalimantan

Sutarti, Masturi, dan Sucipto. 2013. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas X MAN 2 Kudus. Vol 6, No.2 Hal40-47

Wahjudi, s.2009. Tingkat dan Faktor –faktor Kecemasan Komunikasi Mahasiswa dengan Dosen. Jurnal ilmu komunikasi. Hal 47-65

Zulfah, Nur Rosyida. 2016. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Manggungan Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Universitas Negeri Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v4i1.1323

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.