LITERATURE REVIEW: PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR SISWA
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
Sari
This article contains the role of guidance and counseling teachers in overcoming student learning problems. In this article the author explains starting from the meaning of learning, understanding learning problems and forms of learning problems, what factors cause children to experience learning problems and also what is the role of guidance and counseling teachers in overcoming them. This article was created using the library study method, namely where the reference sources for this article come from reading sources such as articles and books related to the title that has been taken. The role of guidance and counseling teachers is very necessary in overcoming student learning problems, but it is not only guidance and counseling teachers but it is also the responsibility of teachers and school leaders.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdurrahman, S., & Kibtiyah, A. (2021). Strategi Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dengan Memahami Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus Di Ma Al-Ahsan Bareng). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6444–6454. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1964/1739/3909
Ayuningtyas, I. P. I. (2023). Dipublikasikan Oleh: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(3), 406–413.
Defriansyah, D., Aprilia, L., Defriansyah, M., Putra, A., Nurmal, I., & Wahyudi, E. (2023). PERAN GURU BK DALAM MENGATASI KETIDAKDISIPLINAN SISWA DALAM BELAJAR STRATEGI DAN TAKTIK EFEKTIF 1. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(5), 2361–2365. https://doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2361-2365
Dhiya’ul Haq, D. (2019). Peran Guru BK Dalam Menangani Prilaku Membolos Siswa Di MTs Nu Raudlatus Shibyan. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 3(2), 1–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v3i2.6114
Faisal, A. (2021). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 KOLAKA. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.5281/zenodo.5579896
Fatimatuzzahroh, S., & Muhid, A. (2021a). EFEKTIVITAS PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR: LITERATURE REVIEW. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 27–33.
Fatimatuzzahroh, S., & Muhid, A. (2021b). EFEKTIVITAS PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR: LITERATURE REVIEW. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 27–33.
Hayati, F. (2016). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK DI MA. Manajer Pendidikan, 10(6), 603–607. https://www.neliti.com/id/publications/270739/peran-guru-bimbingan-dan-konseling-dalam-mengatasi-kecenderungan-perilaku-agresi
Ibnudin, & Purnama, C. (2021). PERANAN GURU BK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN E-KONSELING DI SMP NEGERI 2 JATIBARANG. Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 2(2), 12–22. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/Counselia.V1i2.21
Juliawati, D. (2016). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING/KONSELOR DALAM MENGURANGI TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SEKOLAH. TARBAWI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 1–11. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/52
Ma’rifah Setiawati, S. (2018). TELAAH TEORITIS: APA ITU BELAJAR ? Helper: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 31–46. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458
Maryama, & Salmia. (2023). PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PESERTA DIDIK YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Saraweta : Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 11(01), 11–23.
Minarni, S., & Nur, Z. (2018). Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Yang Klepto. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 17–21. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i1.1944
Muna, N. (2020). Strategi Guru BK dalam Mengatasi Burnout Study Siswa SMKN 1 Widasari. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 81. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i1.1444
Naimah. (2023). Peran Guru sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa di MAN 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi, 05(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.20527
Permana, S. A. (2020). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), 61–69. http://dx.doi.org/-/syifaulqulub.xxx
Pratama, & Aisyah. (2021). Narrative Review: Ultrasound Berpengaruh dalam Menurunkan Nyeri pada Plantar Fascitis. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Salahudin. (2010). Bimbingan dan Konseling. CV. Pustaka Setia.
Samudra, G. B., Suastra, W., & Suma, K. (2014a). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4.
Samudra, G. B., Suastra, W., & Suma, K. (2014b). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1093
Sapari, & Syibli, Y. M. (2021). PERAN GURU BK DALAM MENGURANGI PERILAKU SISWA MENCONTEK Sapari STIT Buntet Pesantren Cirebon. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 1(1), 17–31. https://www.jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/jieco/article/download/75/56
Sari, M. M., Taufik, & Yusri. (2014). Peran Guru Bk/Konselor Dan Guru Mata Pelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Yang Memperoleh Hasil Belajar Rendah. KONSELOR, 3(2), 58–65. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/02014322986-0-00
Saugadi, Rudini, M., & Mantouw, E. D. M. (2020). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI SMA NEGERI 2 TAMBUN. NUSANTARA: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(1), 10–14. https://ojs.umada.ac.id/index.php/nusantara_umada/article/view/102
Septiaji, R. P., & Nurkholidah, E. (2023). Peran guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar melalui bimbingan belajar di SMP Muhammadiyah 1 MLATI Sleman Yogyakarta. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 8(1), 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/022658jpgi0005
Sitanggang, R. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era COVID-19 (Studi Literatur). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 5101–5108. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1647
Wahyuni, Y., & Iswari, M. (2022). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8043–8050. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3666/3100
Yanuswantoro, D. T. (2015). PERAN KONSELOR UNTUK MEMBANTU SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SMPN 2 WLINGI KABUPATEN BLITAR. Jurnal Penelitian Pendidikan Bimbingan Konseling, 5(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/10520/10229
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i3.12802
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.