LAYANAN INFORMASI TENTANG CARA BERETIKA SOPAN SANTUN TERHADAP GURU DI SMK NEGERI 1 PARINGIN

Risdawati Risdawati(1*), Jarkawi Jarkawi(2), farial farial(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi terhadap siswa yang kurang beretika sopan santun terhadap guru di SMK Negeri 1 Paringin untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat etika sopan santun pada siswa kelas XII AVI B. Sopan santun adalah budi pekerti yang baik, tata krama, peradaban, dan kesusilaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah melalui layanan informasi dapat mengurangi  perilaku siswa kurang beretika sopan santun terhadap guru di SMK Negeri 1 Paringin. Subyek penelitian yaitu siswa dan siswi SMK dengan metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tindakan kualitatif dan analisis observasi. Hasil pelaksanaan layanan informasi dapat meningkatkan etika sopan santun siswa terhadap guru disekolah.


Kata Kunci


Layanan Informasi, Etika, Sopan Santun, Guru

Teks Lengkap:

XML

Referensi


Giska Arindra. 2009. Sopan Santun dan Manfaatnya. Diakses tanggal 11 April 2017

Prayitno ,2004,Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta . PT Rineka Cipta Sarumpaet. 2001. Etiket Bergaul. Bandung: Java Indonesia.

Simorangkir, 2013 Etika pandangan manusia hal 15




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v3i3.1231

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.