THE INFLUENCE OF SELF-REGULATED LEARNING AND ACADEMIC BOUYANCY ON SCHOOL ADJUSTMENT OF STUDENTS AT THE AN-NUR ISLAMIC BOARDING SCHOOL TANGGULANGIN
(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo - UMSIDA
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo - UMSIDA
(*) Corresponding Author
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bostwick, K. C. P., Martin, A. J., Collie, R. J., Burns, E. C., Hare, N., Cox, S., Flesken, A., & McCarthy, I. (2022). Academic Buoyancy in High School: A Cross-Lagged Multilevel Modeling Approach Exploring Reciprocal Effects With Perceived School Support, Motivation, and Engagement. Journal of Educational Psychology, 114(8), 1931–1949. https://doi.org/10.1037/edu0000753
Bukit, S. S., Tagela, U., & Windrawanto, Y. (2023). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(1), 159. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v9i1.9519
Chasanah, D. U., Rejeki, A., & Amelasasih, P. (2019). Peranan Self Regulated Learningdalam Mempengaruhi Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Dan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Gresik Yang Bekerja. Psikosains, 14(2), 102–114.
Cho, E., Lee, D., Lee, J. H., Bae, B. H., & Jeong, S. M. (2014). Meaning in Life and School Adjustment: Testing the Mediating Effects of Problem-focused Coping and Self-acceptance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 114, 777–781. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.784
Efendi, D. H., Sandayanti, V., & Hutasuhut, A. F. (2020). Hubungan Efikasi Diri Dengan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. ANFUSINA: Journal of Psychology, 3(1), 21–32. https://doi.org/10.24042/ajp.v3i1.6046
Endang, W. N., Hendriana, H., & Ningrum, D. S. A. (2021). Gambaran Penyesuaian Diri Siswa Kelas X Ipa 3 Sma Negeri 25 Garut. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(1), 32. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i1.5822
Ershadi, C. S. (2017). Iranian journal of educational Sociology. Iranian Journal of Educational Sociology, 1(5), 29–36. https://iase-idje.ir/article-1-825-en.pdf
Fadhlullah. (2018). Peran pondok pesantren bumi karomah al-qodariyyah dalam pembinaan kader da’idi kecamatan waykhilau kabupaten pesawaran (Vol. 7). http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3426
Fitriani, L., Perdani, Z. P., & Riyantini, Y. (2020). Hubungan Tingkat Stres Remaja dengan Kemampuan Beradaptasi di Pondok Pesantren Kota Tangerang. Jurnal Kesehatan Pertiwi, 2(1), 125–128.
Hannani, U., & Ajisuksmo, C. (2021). The Relationship of Self Regulated Learning with Academic Adjustment of Seventh Grade Santri of Pondok Pesantren. TAZKIYA: Journal of Psychology, 9(2), 107–121. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v9i2.17196
Heriyanti, I. P., & Bhakti, C. P. (2022). Strategi Layanan Bimbingan Klasikal Blended Learning Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 40. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.7093
Maranressy, Y. A. A., & Rozali, Y. A. (2021). Pengaruh self-regulated learning terhadap penyesuaian akademik siswa smk di jakarta selama pembelajaran online. Psychommunity: Seminar Nasional Psikologi Esa Unggul, 1(9), 78–90. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/SEMNASPSIKOLOGI/article/view/208
Martin, A. J. (2014). Boarding School, Academic Motivation and Engagement, and Psychological Well-Being: A Large-Scale Investigation. 1007–1049. https://doi.org/10.3102/0002831214532164.0
Mustakim, I. (2019). Gambaran penyesuaian diri pada santri baru pondok pesantren uswatun hasanah (pp. 4–16). http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/23194/131301019.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Pfeiffer, J. P., Pinquart, M., & Krick, K. (2016). Social Relationships, Prosocial Behaviour, and Perceived Social Support in Students From Boarding Schools. Canadian Journal of School Psychology, 31(4), 279–289. https://doi.org/10.1177/0829573516630303
Randi, P. okto. (2021). Penyesuaian Diri Siswa Sekolah Berasrama (Studi DeskriptifKomparatif Terhadap Siswa SMAN 1 Sumatera Barat). 1(February), 6.
Rohinsa Sitompul, M. (2021). Reliabilitas dan Validitas Konstruk Academic Buoyancy di Indonesia. Humanitas, 5(3), 389–397.
Rozali, Y. asmi dan elfajri yashirly. (2022). Self-Regulated Learning. 9, 25–43. https://doi.org/10.1007/978-3-030-85524-6_3
Sa’idah, S. (2017). Dukungan sosial dan self-efficacy dengan penyesuaian diri pada santri tingkat pertama di pondok pesantren. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(2), 116. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n2.p116-122
Saraswati, P. (2018). BUKU PANDUAN ASESMEN PSIKOLOGIS. SMA SALAHUDDIN.
Sari, E. Y. (2019). Pengaruh penggunan media pembelajaran buku pop-up terhadap hasil belajar siswa kelas iv sdn 2 bendungan kecamatan gondang kabupaten tulungagung. Edustream : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 16–22.
Saufi, M., Budiono, A. N., & Mutakin, F. (2022). Korelasi Self Regulated Learning Dengan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Jurnal Consulenza:Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(1), 67–75. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/CONS%0AKORELASI
van Rooij, E. C. M., Jansen, E. P. W. A., & van de Grift, W. J. C. M. (2018). First-year university students’ academic success: the importance of academic adjustment. European Journal of Psychology of Education, 33(4), 749–767. https://doi.org/10.1007/s10212-017-0347-8
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i3.12205
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.