KORELASI ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP

Ria Wulandari(1), Zaki Nur Fahmawati(2*)

(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author

Sari


This study aims to determine the relationship between democratic parenting and learning achievement of junior high school students in Gempol sub-district. This research method uses a correlational quantitative approach. The analysis technique used the spearman correlation test with the help of IBM SPSS 22. The sample used in this study was 346 students using random sampling technique. Data collection using questionnaires and student report cards. The results of this study indicate that there is a positive relationship between democratic parenting and student learning achievement. In addition, the R value is 0.028, so it can be concluded that parenting patterns have an influence of 28% on student learning achievement, while the remaining 72% is influenced by other variables that are not studied.


Kata Kunci


democratic parenting; learning achievements, high school students

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita Chaudhari, Brinzel Rodrigues, S. M. (2019). Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 Getasan. In Ucv: Vol. I (Issue 02, pp. 390–392). http://dspace.unitru.edu.pe/bitstream/handle/UNITRU/10947/Miñano Guevara%2C Karen Anali.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repository.upb.edu.co/bitstream/handle/20.500.11912/3346/DIVERSIDAD DE MACROINVERTEBRADOS ACUÁTICOS Y SU.pdf?sequence=1&isAllowed=

Basyirah, S. A. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Man 1 Aceh (p. 6).

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259

Hendrawan, D. N., & Hendriana, B. (2021). Pola Asuh Orang Tua Siswa dengan Motivasi Belajar Matematika Tingkat Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 369–378. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1020

Kia, D. A., & Murniarti, E. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 264–278. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i3.1295

Lestari, E. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Konsentrasi Patiseri Smk Negeri Sewon Bantol.

Mahapsari. (2019). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Dasar Program Fullday. In עלון הנוטע (Vol. 66, Issue 1997, pp. 37–39).

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Pustaka Belajar.

Munir, N. P. (2018). Kata Kunci: Inteligensi Intrapersonal, Hasil Belajar Kognitif Matematika, Motivasi Belajar Siswa. A. Pendahuluan. 2013(1).

Naini, A. N. (2019). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Univeristas Negeri Semarang, 1–179.

Nursetyasari, A., Sudjiono, & Dwiastut, I. (2018). PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 LUMAJANG DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA Arinta. Jurnal Sains Psikologi, 7(2), 143–147.

Pramonos, S. (2018). TERDAPAT HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK TK. Ekp, 13.

Prasetiyo, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak. Bravo’s Jurnal, 6(3), 117–121.

Reza, V., Snapp, P., Dalam, E., Di, I. M. A., Socialization, A., Cadger, O. F., To, M., Cadger, S., Programpadang, R., Hukum, F., Hatta, U. B. U. B., Sipil, F. T., Hatta, U. B. U. B., Danilo Gomes de Arruda, Bustamam, N., Suryani, S., Nasution, M. S., Prayitno, B., Rois, I., … Rezekiana, L. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa. Bussiness Law Binus, 7(2), 33–48. http://repository.radenintan.ac.id/11375/1/PERPUS PUSAT.pdf%0Ahttp://business-law.binus.ac.id/2015/10/08/pariwisata-syariah/%0Ahttps://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/8839

Rizki, S. D., Susilawati, & Mariam, I. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Kelas II Dan III (Relationship between Parenting Style and Children Academic Achievement among Elementary Students Grade II and III). Jurnal Keperawatan, 8(1), 74–84.

Robert, B., & Brown, E. B. (2018). Neuropedagogik (Issue 1).

Rustandi, E. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Penjas Siswa Kelas VI SDN Sukasari. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 3(1), 21–25.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sitika, A. J., & Nirmala, I. (2018). Tanggung Jawab Orang Tua terhadap Pendidikan Akhlak Anak dalam Perspektif Al-Qur’an. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 121–136. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i2.9

Suharni, & Purwanti. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Utami, D. M., Sulistyarini, & Waneri. (2018). Pengaruh Faktor Internal Terhadap Hasil Belajar. 1–9.

Widiastika, I. G. (2018). Prestasi Belajar Ips Siswa Smp Dalam Lingkungan Belajar Inkuiri Berbantuan Lembar Kerja Siswa. 1–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i3.12149

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.