HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PERILAKU MENCONTEK PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 GEMPOL

Pravita Dwi Cahyani(1*), Eko Hardi Ansyah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo-UMSIDA
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo-UMSIDA
(*) Corresponding Author

Sari


Cheating behavior is an act that someone does to get maximum results by ignoring applicable rules and can have a lasting impact on the order of life and this behavior is one of the causes of a person's lack of confidence in the abilities they have. So this study aims to determine the relationship between self-confidence and students' cheating behavior at SMP X. This study uses a quantitative method with the subject of students of SMP X. In this study, a sample of 217 students of SMP X was used which was obtained from the saturated sample technique. Data collection techniques were carried out using a self-confidence scale and a cheating behavior scale with variable measurements using a Likert scale. Data were analyzed by testing the hypothesis using Pearson's Correlations with the help of Windows JASP 16.3. The results of the analysis obtained are r = 0.238 <0.05 and p = <0.001 so that the hypothesis is accepted and there is a significant relationship, meaning that there is a relationship between self-confidence and cheating behavior. This study also found a negative relationship and an adjusted R square value of 0.065 or 7%, which means that the effect of self-confidence and cheating behavior has a very low level of relationship.


Kata Kunci


Self-confidence; Students' cheating behavior; Student

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ade, S. N. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Perilaku Menyontek Siswa Jurusan Akuntansi SMK Yatpi Godong. Majalah Lontar, Universitas PGRI Semarang, 32(3), 118–129. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/ltr.v34i2.12970

Amelia, S. H., Tanjung, Z., Riyant, E., Azizi A.M, R., Novita, M. N. N., & Ranny. (2016). Perilaku Menyontek dan Upaya Penanggulangannya. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 1(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/3003226000

Anitasari, Pandansari, O., Susanti, R., Kurniawati, K., & Aziz, A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Perilaku Menyontek Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 82–90. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.37661

Azkia, M. (2020). Pengaruh Kematangan Emosi dan Kedisiplinan Terhadap Perilaku Menyontek. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 634. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5569

Ekasari, D. (2020). Bimbingan Kelompok Dengan Permainan Monopede Untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Brebes. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 19–27. https://doi.org/10.24905/jcose.v2i02.56

Hamidayati, & Hidayat, S. (2020). Pendidikan Karakter; Fenomena Perilaku Mencontek pada Siswa di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 175–185. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.25403

Harwendra, M. A., & Silaen, S. M. J. (2020). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Dengan Perilaku Menyontek Saat Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII Sman 8 Bekasi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(3), 87–97.

Hidayati, S. R. N., & Savira, S. I. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Moderator Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 1–11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41122

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33–42.

Lauren, Y. (2019). Perilaku Menyontek Ditinjau dari Konsep Diri Akademik Pada Siswa Siswi SMA Swasta Budaya Medan. Jurnal Wahana Inovasi, 8(2).

Meydiansyah, D. Y. (2021). Fenomena Perilaku Menyontek Pada Pelajar Masa Kini Ditinjau Dari Kepercayaan Diri, Efikasi Diri, Dan Prokrastinasi : Sebuah Studi Literatur. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 245–253. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.245-253

Muflihah, E., & Widyana, R. (2019). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas Xi Smk X Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 319–339. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.321

Perianto, E. (2021). Hubungan Antara Self Control Dan Self Esteem Dengan Perilaku Menyontek Pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Di Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(1), 25–33. https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i1.4884

Putri, M. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan Jenis Perilaku Bullying di MTsN Lawang Mandahiling Kecamatan Salimpaung. Menara Ilmu, 12(8), 107–116. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/872

Putri, M. C., Juliawati, D., Khuryati, A., & Yandri, H. (2020). Mereduksi Perilaku Menyontek Siswa di Era “ Merdeka Belajar ” Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 24–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v5i2.10109

Reyaan, M. N., & Prapancha, T. (2015). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Menyontek Pada Mahasiswa UST. Jurnal SPIRITS, 6(1), 18–22. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/spirits.v6i1.1068

Sultani, Auliah, N., & Paisal, A. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Mencontek pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kapuas Timur. Jurnal Mahasiswa BK An Nur, 9(2), 1–4. https://doi.org/https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000

Tehranian, N. (2019). Pengaruh kepercayaan diri terhadap intensitas perilaku menyontek pada peserta didik smp yang pernah menyontek [Universitas Semarang]. In Skripsi Universitas Negeri Semarang. http://repository.usm.ac.id/files/skripsi/F11A/2015/F.111.15.0065/F.111.15.0065-15-File-Komplit-20190311122255.pdf

Yuliyana, Julistia, R., Anastasya, Y. A., Amalia, I., Dewi, R., & Widyastuti, W. (2022). Gambaran Intensi Menyontek Pada Mahasiswa Universitas X. Jurnal Pskologi Terapan, 5(2), 106–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29103/jpt.v5i2.9543




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i3.12011

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.