STRATEGI GURU BK DALAM PEMBERIAN LAYANAN KONSELING TERHADAP KEBIASAAN ANAK BERBICARA KASAR DI SDN LAE SIMOLAP

Putri Hanah Anggara(1*), Roma Ulinnuha(2)

(1) Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Sari


This study aims to determine the counseling teacher's strategy in providing counseling services to children's speaking habits at SDN Lae Simolap. This research is a qualitative descriptive research. The data sources in this study were 2 counseling teachers who provided counseling services and several students at SDN Lae Simolap. Data collection techniques with direct observation and interviews. The results of this study indicate that the counseling teacher's strategy in providing counseling services to children's speaking habits is by individual counseling services through practicing the habit of speaking politely to teachers, friends and the surrounding environment for a certain period of time, consulting with certain parties to help and monitor and direct students to develop good behavior, and conduct home visits when absolutely necessary. The results obtained in the implementation of this counseling have been going well and have been able to reduce the behavior of speaking rudely to students at SDN Lae Simolap.

Kata Kunci


Strategi guru bk, layanan konseling, berbicara kasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardimen. (2017). Bimbigan dan Konseling Komprehensif Berbasis Karakter Cerdas Dan Aplikasinya Melalui Bimbingan Teman Sebaya Di Era Globalisasi. 12(2), 483–508.

Derung, T. N. (2017). Interaksionisme Simbolik Dalam Kehidupan Bermasyarakat. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 2(1), 118–131. https://doi.org/10.53544/sapa.v2i1.33

Fitriai Dian, S. T. S. A. (2022). Faktor Penyebab Perilaku Menyimpang Berbicara Kasar Pada Anak DI Dusun Jatimontong Desa Sumberjosari Kecamatan Karangayung. Guinding World Jurnal Bimbingan Dan Konseling , 05, 16–24.

Gunawan, A. C., Agung, A., & Cahyadi, J. (2016). Perancangan Kampanye Iklan Layanan Masyarakat Berhenti Bicara Kasar Untuk Kalangan Anak Usia 7-12 Tahun. 1–11.

Gunawan, R. (2018). PERAN TATA KELOLA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA DI SEKOLAH. 1,1, 1–16.

Hafizah, A. (2020). Journal of Nursing Invention Vol.1 No.1 2020. 1(1), 65–71.

Lutfiyani, V., & Bhakti, P. (2017). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif dalam Pengembangan Self-Knowledge pada Siswa Sekolah Dasar Abstrak. SENDIKA, I(20), 370–377.

Mutia, S. (2021). Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Disekolah. Ar-Raniry.Ac.Id, 1–13.

Qonita, M., Artati, K. B., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik. 19(12).

Rahmad, M., Husen, M., & Fajriani. (2019). Analisis Kebutuhan Siswa Dalam Penyusunan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 88–98.

Ramadani. (2018). Penerapan Teknik Kursi Kosong Dalam Konseling Individu Untuk Mengurangi Sikap Berkata Kasar Siswa Di Smp 5 Negeri Kota Jambi.

Ruswan, I. (2021). Analisis Perilaku Berbicara Kasar Siswa Kelas 2 Di Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Fenomenologi. 597–607.

Syaikha, Anita, F. (2022). Analisis Pentingnya Bimbingan Konseling Terhadap Anak Sekolah Dasar Di Sd/Mi Muhammadiyah 5 Surabaya. 151–157.

Utami, Faisal, E. (2018). Menemukan Pemerolehan Bahasa Kasar Pada Anak Usia 4 Tahun Di Kampung Cihanjawar Purwakarta. 1(November), 879–888.

Zamzami, G., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2023). Peran Lingkungan Sosial Pada Perilaku Berbicara Kasar Anak. Seminara, Vol. 7 No, 353–361.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i3.11657

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.