PENERAPAN PRINSIP ANDRAGOGI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR

Nor Hidayah(1*), Hiryanto Hiryanto(2)

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Sari


The application of andragogy principles in learning guidance and counseling is an interesting research subject in order to increase the effectiveness of the learning process for adult counselees. This study aims to explore and analyze the application of Andragogy principles in the context of tutoring and counseling, as well as to identify the benefits resulting from this application. The research method used is a literature review. The results of the study show that the application of andragogy principles in study guidance and counseling provides a number of benefits for adult counselees. This study provides insights for counselors in designing and implementing effective and relevant interventions for adult counselees. By utilizing the principles of andragogy, counselors can create a learning environment that supports, motivates, and empowers adult counselees to achieve their learning goals


Kata Kunci


Andragogy, Guidance and Counseling, Adult Learning, Adult Education, Andragogy Principles

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basleman, A., & Mappa, S. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya.

Destiani, T., Arbarini, M., & Shofwan, I. (2023). Pendekatan Andragogi Dalam Pembelajaran

Setara Daring Pada Program Pendidikan Kesetaraan. Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pls.

Djamaluddin, R. Y., Gaffar, S. B., & Marzuki, K. (2023). Penerapan Prinsip Andragogi Dalam

Proses Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C di PKBM Amanah Ummat

Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar.

Haryadi, R., Prasetia, M. E., Ridhani, A. R., & Abidarda, Y. (2020). Implementasi 21st Century

Community Counseling Program Bagi Anak Kurang Beruntung Di Yayasan Anak

Bangsa Mandiri Banua. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Latifah, S. L., & Roesminingsih, M. V. (2018). Penerapan Pendekatan Andragogi Pada

Pembelajaran Private Class Untuk Membentuk Keterampilan Berbicara Di LKP

Professional Broadcasting School Surabaya. J+Plus Unesa.

Marzuki, K. (2016). Pengaruh Pendekatan Andragogy Terhadap Kepuasan. Jurnal Teknologi

Pendidikan .

Masni, H. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar.

Mulia, J. R., Nasution, B., Asmendri, & Sari, M. (2023). Konsep Dsar Dan Peranan Kurikulum

Dalam Pendidikan . Andragogi Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan

Islam .

Mustangin. (2019). Kajian Perencanaan Pendidikan Orang Dewasa Pada Program Kesetaraan

Paket C Pkmbm Jayagiri Lembang. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan.

Novitasari, Y., & Nur, M. (2017). Bimbingan Dan Konseling Belajar (Akademik) Dalam

Perspektif Islam. Indonesian Journal Of Educational Counseling.

Onyenemezu, E. C., & Amazu, C. C. (2012). Adult Education As A Tool For Nurturing

Nigeria’s Nascent Democracy . Journal Of Education And Practice .

Raharjo, S. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Problem Based

Learning Berbasis Pendekatan Andragogi. Eedusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Sihombing, E. (2019). Konsep Dan Strategi Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Edukasi

Kultura.

Sujarwo. (2007). Strategi Pembelajaran Partisipatif Bagi Belajar Orang Dewasa (Pendekatan

Andragogi). Journal Article //Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Wahono, Imsiyah, N., & Setiawan, A. (2020). Andragogi: Paradigma Pembelajaran Orang

Dewasa Pada Era Literasi Digital. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk

Generasi Milenial, (Pp. 517-527). Surabaya.

Yadi, R. (2015). Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Peserta Didik.

Jurnal Bk An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i3.11459

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.