EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN KONSELING DI TINGKAT SMK KOTA JAKARTA BARAT

Rihya Syifa Qurrotu Ayuna(1), Yuevelyn Devina Rahmananda(2), Nadiyatulhaqi Rasyidah(3*), Maryam Qonita(4), Aip Badrujaman(5)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(4) Universitas Negeri Jakarta
(5) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


This study measures the evaluation of guidance and counseling programs at vocational schools in West Jakarta. This research aims to measure the extent of the obstacles faced by guidance and counseling teachers in schools in carrying out evaluations of guidance and counseling service programs in schools. Starting from questionnaires and interviews distributed to Guidance and Counseling teachers in West Jakarta, most felt they experienced obstacles from external parties, including administrative matters, funding, support from school principals, teaching loads in other fields and many more. So, with this research, it is hoped that it can become a reference for what needs to be improved in schools so that guidance and counseling service programs can be implemented well and optimally.

Kata Kunci


Evaluate counseling programs, vocational high schools, guidance and counseling programs

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, M. (2016). Peranan bimbingan dan konseling di sekolah dalam menciptakan sekolah

sejahtera (school well-being). Pendidikan.

Febriani, R. D., & Triyono, T. (2018). Faktor Penghambat Pelaksanaan Evaluasi Program

Bimbingan dan Konseling oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Counseling

Care, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.22202/jcc.2018.v2i1.2860

Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (2019). Identifikasi Permasalahan

Perancangan Program Bimbingan dan Konseling Pada Guru SMK di Kota Yogyakarta.

, 40–52.

Kamaruzzaman. (2016). Panduan Operasional Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah

Kejuruan (SMK).

Musyofah, T., Pitri, T., & Sumarto, S. (2021). Evaluasi Program BK Sebagai Upaya Untuk

Meningkatkan Mutu Program Layanan BK. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan

Konseling, 4(3), 304–312. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.304-312

Nurhayati, N., & Pw, S. N. (2019). Optimalisasi Peran Dan Fungsi Guru Bimbingan Dan

Konseling Dalam Implementasi Kurikulum 13. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling

Teori Dan Praktik), 2(2), 147. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n2.p147-154

Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka.

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 39.

https://doi.org/10.26737/jBKi.v4i2.890

Setiyaningsih, D., Rosmi, F., Santoso, G., & Virginia, A. (2020). Implementasi Pendidikan

Karakter Dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal

Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 279. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.693.

Suhertina. (2013). Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. In Journal of

Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sukardi, D. K. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan. dan Konseling di

Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i3.11197

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.