PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGEMBANGKAN EMPATI PESERTA DIDIK REGULER TERHADAP PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Lani Cahyani(1*), Herdi Herdi(2)

(1) UNJ
(2) UNJ
(*) Corresponding Author

Sari


This research aims to develop a guidance and counseling program to improve the empathy ability of regular students towards students with special needs grade X at SMA CIS Depok. This study is based on the findings of the assessment results using the IRI (Interpersonal Reactivity Index) instrument which shows that the empathy level of regular students is still low so that it often disturbs ABK students, The method used in this study is reaseach and development.  The final result of this research is in the form of producing a product for the development of guidance and counseling programs to improve students' empathy skills.

 


Kata Kunci


Komprehensif; Program; Bimbingan dan Konseling; Empathy

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ã, D. J., & Farrington, D. P. (2006). Examining the Relationship Between Low Empathy and Bullying. 32(November 2004), 540–550. https://doi.org/10.1002/ab

Age, J. G., Hamzanwadi, U., Islami, C. C., Mayasarokh, M., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Sistem, D., Layanan, P., & Biblioterapi, T. (2020). Model Layanan BK AUD Dengan Teknik Biblioterapi Untuk Meningkatkan Perilaku Empati. 04(2).

Andini, N. R. (2008). Penerimaan dan penolakan sosial terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusi (SDN Bedali 5 Lawang). Skripsi. Malang: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Bandung: Rajawali Press.

Asti & Mungin. (2017). Model Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1): 28-33.

Badiah, L. I. (2017). Implementasi Program Bimbingan Dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Smp Negeri 32 Surabaya. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 34(2), 9–21. https://doi.org/10.36456/helper.vol34.no2.a942

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial. Jilid 2. Alih Bahasa: Ratna Djuwita. Jakarta: Erlangga

Borg, W.R & Gall,M.D. Gall (1983). Educational Research : An Introduction Fifth Edition. New York : Longman

Dahlan, U. A. (2015). Meningkatkan Empati Mahasiswa Prodi BK. 1, 188–198.

Davis, M. H. (1983). A Mulitdimensional Approach to Individual Differences in Empathy. Journal of Personality and Social Psychology, 44(1), 113–126. https://doi.org/10.1037/0022-3514.44.1.113

Emi. 2016. Meningkatkan Rasa Empati Siswa melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA 2 Kudus. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2): 60-71.

Furman, R., Furman, R., Williams, T., Furman, R., & Furman, R. (n.d.). Using poetry and written exercises to teach empathy Related papers Using poetry and written exercises to teach empathy. https://doi.org/10.1080/08893670500140549

Haryati, A., & Eddy Wibowo, M. (2017). Model Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa SMP. 28 Jubk, 6(1), 28–33. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk

Latifah, L., Susanti, R. H., Ilmu, F., Universitas, P., & Malang, K. (2016). Upaya Meningkatkan Empati Siswa SMP Muhammadiyah 1 Malang Melalui Penggunaan Teknik Sinema Terapi. 1(2), 88–95.

Mada, U. G. (2019). P sikodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa Di Sekolah Inklusif. https://doi.org/10.14421/ijds.060204

Mandasari, D. (2020). Empati Siswa Reguler , Iklim Sekolah dan Perilaku Perundungan Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Disekolah Inklusif Sekolah Inklusif adalah sekolah regular. 8(4), 684–695. https://doi.org/10.30872/psikoborneo

Pertiwi, R. E. (2018). Pendekatan Eksistensial Humanistik berbasis nilai budaya gotong-royong untuk meningkatkan empati siswa Sekolah Menengah Atas. 2(1), 55–63.

Puspita, L. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Sikap Empati dan Tanggung Jawab Siswa SMP Negeri 1 Sumowono. 6(1), 46–53.

Setiyoningsih, N., Hidayat, R. R., & Jannah, W. (2017). Pengembangan Media Bibliokonseling untuk Mengembangkan Empati Siswa SMA. 1(2).

Silfiasari, S. (2020). Empati dan Pemaafan dalam Hubungan Pertemanan Siswa Regular Kepada Siswa Berkebutuhan Khusus ( ABK ) di Sekolah Inklusif. September.

Smith, J.D. (2013). Sekolah Inklusif. Bandung: Nuansa Cindekia.

Studi, P., & Keguruan, F. (2018). Pengembangan Panduan Pelatihan Empati Menggunakan Teknik Sinema Edukasi untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Pertama. 3, 139–145.

Tarmansyah. (2007). Inklusi pendidikan untuk semua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Taufik. (2012). Empati pendekatan psikologi sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Undang-Undang Dasar 1945.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i2.11164

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.