PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENGEMBANGKAN KEMATANGAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XII DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Lani Cahyani(1*), Herdi Herdi(2)

(1) UNJ
(2) UNJ
(*) Corresponding Author

Sari


The research aims to find out the use of  Instagram social media to increase the   career maturity of grade XII  students  in Senior   High School. This study  uses the   method  A mix of interviews  and questionnaires  distributed through google forms and analyzed using descriptive statistics. The result of this study is that Instagram social media deserves to be a medium used by counseling guidance teachers in organizing career guidance because it can help students to explore their careers. Based on the usefulness, ease of access, and attractiveness of career information presented through the isntagram media, all aspects received a very good response, shown by a percentage of > 70%.


Kata Kunci


Instagram ;Kematangan Karir; Bimbingan dan Konseling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aghnia H, K. N. (2019). Hubungan kualitas informasi website RS Paru Dr. H. A. Rotinsulu dengan pemenuhan kebutuhan informasi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 191.

Almaida, D. S., & Febriyanti, D. A. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk Yayasan Pharmasi Semarang. Jurnal EMPATI, 8(1), 87–92. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23579

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar

Ilfana, A., & Hidayat, D. R. (2022). Konseling Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa: Kajian Pustaka. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(7).

Indonesiabaik.id. (2018). 66,3% masyarakat Indonesia Memiliki Smartphone [Infographic]. Diambil dari http://indonesiabaik.id/infografis/663-masyarakat-indonesia-memiliki-smartphone-8

Izzawati, N., & Lisnawati. (2015). Efektivitas pelatihan perencanaan karir terhadap peningkatan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 70–88.

Kristiani, R., Ardani, A., Kristofani, A., Alverina, C., Fiona, D., Santiara, & Andrea, Z. (2021). Program Intervensi Layanan Bimbingan Konseling melalui Kampanye Media Sosial Instagram untuk Siswa-siswi SMA X Jakarta. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 6(2), 34–40. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI/article/view/4854

Lestari, W., & Wardhani, Y. F. (2014). Stigma dan Penanganan Penderita Gangguan Jiwa Berat yang Dipasung. Pusat Humaniora Kebijakan Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat.

Lindawati, S., Lubis, D. P., & Fatchiya, A. (2022). Pengaruh Komunikasi Siswa SMK dengan Orang Tua , Guru , dan Teman Sebaya terhadap Kematangan Kariernya The Influence of Vocational High School Students Communication with Parents , Teachers , dan Peers on the Career Maturity. 20(02), 140–154.

Napitupulu, S. M., & Gofar, N. (2019). Optimalisasi Media Sosial" Instagram" Mendukung Kemajuan Pusat Karir di Universitas Sriwijaya. Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit, 1–13.

Putranto, A., & Wijiharto, P. (2021). Jurnal Sinergi Konseling Karir Virual untuk Meningkatkan Kematangan Karir Kelas XII di Masa Pandemi. December, 18–24.

Siddiqui, S., & Singh, T. (2016). Social Media its Impact with Positive and Negative Aspects. International Journal of Computer Applications Technology and Research. Diambil dari https://doi.org/10.7753/ijcatr0502.1006

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yunika, D. K., Sulastri, M. S., & Hafina, A. (2016). Layanan Bimbingan Karir terhadap Peningkatan Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Konseling, 1(1), 1–23.Santrock, J.W. (2011). Life-Span Development: Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta: Erlangga

Zakiyyah, F. N., & Kurniasih, N. (2023). Pengetahuan pengguna tentang kematangan karir ditinjau dari kualitas informasi pada Instagram @ glintsid. 3(1), 17–32.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i2.11163

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.