METODE PENYULUH AGAMA DALAM MEMOTIVASI MASYARAKAT MUSLIM UNTUK MENJAUHI MAKANAN HARAM DI KECAMATAN TIGANDREKET KABUPATEN KARO

Hagiansyah Harahap(1*), Mutiawati Mutiawati(2)

(1) Uin Sumataera Utara
(2) Uin Sumataera Utara
(*) Corresponding Author

Sari


Indonesia is a country where the majority of the population adheres to Islam as their belief. The availability of halal food and products is a necessity for Muslims to fulfill their daily food needs. The role of an educator of halal products is needed to promote the practice of consuming halal food to increase awareness, understanding and knowledge about the importance of consuming halal food consistently. This study aims to determine the influence of religious instructors in motivating Muslim communities in Tigandreket District, Karo Regency to stay away from unclean foods in consuming food. As a result, it is known that several things are understood by the people in Tigandreket District, Karo Regency regarding halal food, including: the container has a halal symbol, the killing of animals is accompanied by the prayer of Allah (SWT), the method has been followed, and the processing and packaging have been completed, sanitation and kitchen conditions and cold storage areas are both adequate, food does not use alcoholic beverages or pork, is legally obtained without theft, and is produced using legal ingredients. During counseling, community openness and the involvement of other officers in socializing and providing guidance to the community help with the counseling. While the factors that hinder the process of counseling halal products are the lack of supporting media when conducting counseling such as guidebooks or assignment letters.


Kata Kunci


Counseling Methods; Illegal; Halal; People in Tigandreket District; Karo Regency

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Qur’an dan Terjemahan (Aplikasi, terjemahan Kemenag RI)

Ali M. 2016. Konsep Makanan Halal dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk Atas Produsen Industri Halal. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah, 16(2), 291– 306. https://doi.org/10.15408/ajis.v16i2.4459

Borotan, Amrin. 2021. Hukum Sembelihan yang Tidak Disebutkan Nama Allah (Telaah terhadap Pemikiran Imam As-Syafi’I 150 H-204 H). Jurnal Hukum Islam, 4(1)

Dewanti, Ema. Widayanti, Ari. Sunaryo, Hadi. (2018). Sosialisasi Dan Edukasi Produk Halal Bagi Masyarakat Dan Pelaku Usaha Makanan Di Perumnas Klender Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 1(1), hal. 94-114.

Ekowati, Juni. Dkk. 2020. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Halal Lifesyle Dan Titik Kritis Kehalalan Makanan Pada Generasi Muda. Journal of Halal Product and Research, 3(1).

Guntarti A, Kumalasari ID, Susanti H. 2018. Pengenalan Kehalalan Produk dan Bahan Tambahan Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan. SNIEMAS UAD.ISBN.978- 602-0737-07-2 LPPOM MUI, Halal Haram Gula Refinasi. Berita tanggal 12 September 2018. Diakses pada 1 Juni 2023. [internet]. https://halalmui.org/halal- haram-gula-rafinasi/

Haidi, Abdul. 2021. Jenis Makanan dan Minuman yang Haram Beserta Dalilnya. Diakses pada 20 Juni 2023. [internet]. https://tirto.id/jenis-makanan-minuman-yang-haram- beserta-dalilnya-gauW

Hamdani, Muslem. (2020). Strategi Da’wah Penyuluh Agama Dalam Pembinaan Masyarakat (Studi Analisis Strategi Penyuluh Agama Di Kemenag Kab. Bireuen). Jurnal An Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 7 (1), 1-17.

Hidayatullah. 2020. Dampak Makanan Halal terhadap Perilaku. Diakses pada tanggal 20 Juni 2023. [internet]. https://hidayatullah.com/berita/nasional/info- halal/2020/11/02/194828/dampak-makanan-halal-terhadap-perilaku.html

Khoirul, Mustofah, M. (2019). Peran Penyuluh Agama Islam Dalam Pembinaan Kesenian Islami Di Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang

Marsiati, Himmi. (2022). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Terhadap Produk Halal Dan Thayyib. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 6(1).

Mahmudah, Salma. (2021). Analisis Edukasi Produk Halal Dalam Mendesain Islamic Lifestyle(Studi Kasus Pada Keluarga Besar UIN Sunan Ampel Surabaya). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya

Makmun, Fariza. 2021. Penyuluhan Agama Dalam Pengembangan Masyarakat Islam: Studi Peran Penyuluh Agama Dalam Pengembangan Masyarakat Islam. Bina’ Al-Ummah, 16(1), hal 37-52. DOI: 10.24042/bu.v%vi%i.9269.

Mubarok, Achmad. 2000. Al-Irsyad al-Nafsi Konseling Agama Teori dan Kasus, Jakarta : Bina Rena Pariwara.

Muleong. 2016. Penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulizar, “Makanan Dalam Al-Qur’an (Studi Tafsir AlAzhar)”, Tesis Magister, Medan: IAIN-SU, 2014, h. iv. t.d

Najmuddin, Iman. (2018). Peran Penyuluh Agama Dalam Peningkatan Pelaksanaan Shalat Fardu Masyarakat di Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang

Nurlela, Pattenreng, A. M. A, Haris, A. H. (2020). Analisis Hukum Pemenuhan Hak Konsumen Atas Informasi Produk Halal Pada Restoran Di Kota Makassar. Indonesia Journal Of Legality Of Law, 2 (2), 104-112

Oktaviana, Revi. (2021). Peran Penyuluh Agama Dalam Mencegah Penyebaran Radikalisme Di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Jawa Barat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta

Pemerintah Indonesia. 2014. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Lembaran RI Tahun 2014, No33. Jakarta (ID): Sekretariat Negara

Salim, Amir., Muharir. & Mahendra. (2021). Sosialisasi Produk Halal Dalam Islam Pada Perusahaan Limbah CV. Abinesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 53-

Satria, Ahmad Dhea. 2021. Makanan Halal Perspektif Majlis Ulama Indonesia (MUI) di Kota Palangkaraya. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, Vol. 22, No.2, hal. 308-313

Setyowati, Ayu. 2016. Pentingnya Logo Halal!. Diakses pada 20 Juni 2023. [internet]. https://favo.id/blogs/baca/132769479-pentingnya-logo-halal

Sukardi M. 2019. MUI: Kode E Makanan tidak berarti babi. Berita tanggal 29 Juli 2019, diakses 29 Desember 2019 [internet] Tersedia padahttps://muslim.okezone.com/read/2019/07/29/614/2084895/mui-kode-e-di- makanan-tidak- berarti-babi

Sugiono, 2010. Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Alfa: Beta

Sugiono. 2021. Penelitian kualtatif, kuantitatif dan R&D. Alfa Beta

Tamimah, Sri Herianingrum, Inayah Swasti Ratih, Khofidlotur Rofi’ah, dan U. K. Halalan Thayyiban: The Key Of Successgul Halal Food Indusry Deloment. Ulûmunâ : Jurnal Studi Keislaman, Vol. 4. No. 2, 2018, h. 174

Yulia, L. (2015). Strategi Pengembangan Industri Produk Halal. Jurnal Bimas Islam, 8(1), 121-152

Zuhaili, Wahbah. 2007. Fiqh Islam Jilid ke-4.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i2.11132

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.