EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING BIDANG PRIBADI DI SMPN 3 KRAGILAN

Tsulistia Poetry Hendrawan(1*), Herdi Herdi(2)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


BK teachers have an important role in developing guidance and counseling programs for students. Based on the results of the need assessment of SMPN 3 Kragilan students, it shows that the main problems occur in the personal sector, so the purpose of this study is to find out how the success of the counseling program is designed in accordance with the need assessment, evaluation and follow-up of the counseling program that has been implemented, as well as obstacles in implementation of the BK program in schools. The method used in this study is a naturalistic qualitative approach, data collection is done through observation, interviews and documentation.

Kata Kunci


Evaluasi, Bimbingan dan Konseling, Bidang Pribadi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azahari, M. T. (2022). Pelayanan, Manajemen, dan Sarana Prasarana Bimbingan Konseling Di SMP YPAK PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Sei Karang-Galang Muhammad. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Bhakti, C. P. (2018). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 100. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p100-104

Febrina, Z. (2020). Bidang-Bidang Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Padang, 4.

Hidayat, A. (2020). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. AL-IRSYAD: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 137–150.

Juniarti, E., Endang, B., & Lestari, S. (2017). Analisis Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Bidang Sosial di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1–8.

Juwanto, J. (2020). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Penggunaan Handphone Oleh Siswa Di Sma Llpembangunan Kota Padang. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 73. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v5i1.1225

Kebudayaan, K. P. D., & Kependidikan, D. J. G. D. T. K. (2016). Panduan Operasional Pelaksanaan Bimbingan Konseling Sekolah Menengah Pertama.

Khoilili, M. I., & Christiana, E. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak ( Tk ) Islam Surabaya Evaluation on Implementating of Guidance and Counseling Program for Group B Early Childhood At Taman Kanak-Kanak ( Tk ) Islam S. BK Unesa, 04, 33–46.

Mukhtar, M., Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 1. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4473

Noprita, Muswardi, S. (2014). Kendala Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Dan Konseling di Sma Negeri 1 Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat Tahun Pelajaran 2013/2014. European Journal of Endocrinology, 171(6), 727–735. https://eje.bioscientifica.com/view/journals/eje/171/6/727.xml

Permadin, M. L. P., & Herdi. (2021). Asesmen Kebutuhan Konseli dalam Perencanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 27–33. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/7573

Rismawati. (2015). Pelaksanaan Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Kandangan. Jurnal Mahasiswa BK An-NUr, 1(1), 64–74.

Rosidah, A. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Underachiver. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 154. https://doi.org/10.26638/jfk.53.2099

Siregar, S. W. (n.d.). Assessment Dalam Bimbingan Dan Konseling. 1–18.

Suryanti. (2014). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Cemerlang, 2(2), 33–52. https://ejurnal.unikarta.ac.id




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i2.10777

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.