PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU VANDALISME SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DEMAK

Josephin Gabriella Krisnanta(1*), Yari Dwikurnaningsih(2), Tritjahjo Danny Soesilo(3)

(1) Universitas Kristen Satya Wacana
(2) Universitas Kristen Satya Wacana
(3) Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author

Sari


This study aims to determine the significance of the influence of peer conformity on vandalism behavior in class VIII students of SMP N 1 Demak. Samples were taken using the technique proportional random sampling, so that 175 students were taken from the total population of 320 students. The research data was collected using a questionnaire technique that described 22 peer conformity items and 28 vandalism behavior items with 4 alternative answers. Analysis of the research data used a simple linear regression technique with the help of an applicationIBM Statistics SPSS 23. The results of the study showed that there was an influence of peer conformity on vandalism behavior in class VIII students of SMP Negeri 1 Demak. These results are supported by the finding of an Fcount value of 31.949 with a Sig. of 0.000b < 0.05 and t_count is 5.612 > t_table (5.612 > 1.653). The R Square value obtained is 0.154. This means that peer conformity contributes 15.4% to the vandalism behavior of class VIII students of SMP Negeri 1 Demak.

Kata Kunci


Konformitas Teman Sebaya; Perilaku Vandalisme; Junior High School Students

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminudin, M. T. W., & Kasanah, U. (2017). Kreatifitas Media Bimbingan Dan Konseling. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 1(1), 201–211. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Aqidha-Mutmainnah/publication/326540755_MEDIA_BIMBINGAN_KONSELING_BERBASIS_HYPERMEDIA/links/5b5374fe0f7e9b240ff967d4/MEDIA-BIMBINGAN-KONSELING-BERBASIS-HYPERMEDIA.pdf

Anggono, F. R. (2014). Perilaku Vandalisme Pada Remaja Di Kabupaten Kulon Progo (Universitas Negery Yogyakarta). Universitas Negery Yogyakarta. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/14723/

Aulia, F. (2014). Studi Deskriptif Help Seeking Behaviour Pada Remaja yang Pernah Mengalami Parental Abuse Ditinjau dari Tahap Perkembangan (Masa Awal Anak-anak - Masa Remaja) dan Identitas Gender. CALYPTRA, 3(1), 1–17.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial (10th ed.; M. Jumiati, Ed.). Jakarta: Erlangga.

Daryati, D. (2014). Hubungan antara Konformitas Negatif dengan Vandalisme Siswa SMA Negeri 1 Ampel Kabupaten Boyolali (Universitas Kristen Satya Wacana). Universitas Kristen Satya Wacana. Retrieved from https://repository.uksw.edu/handle/123456789/4859

Febriyani, Y. A., & Indrawati, E. S. (2016). Konformitas Teman Sebaya Dan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Xi Ips. Jurnal EMPATI, 5(1), 138–143. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15080

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasfaraini, A. R., & Dimyati, D. (2018). Pengaruh Konformitas Terhadap Agresivitas Remaja. Jurnal Ecopsy, 5(3), 124–129. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i3.5658

Husein, S. (2017). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Vandalisme Kelompok Pecinta (Universitas Negeri Padang). Universitas Negeri Padang. Retrieved from http://repository.unp.ac.id/13904/

Isnaeni, P. (2021). Konformitas Terhadap Perilaku Agresif Pada Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 121. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5672

Khoirunnisa, S. A., & Susila, J. (2023). Penerapan Sanksi Terhadap Pelaku Vandalisme Prespektif Hukum Islam (Studi Kasus di Kota Surakarta). UIN Raden Mas Said Surakarta.

Pangestu, E. D. (2022). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Vandalisme Pada Pelajar SMP. UIN Raden Intan Lampung.

Putri, K. R. A. (2013). Hubungan Antara Identitas Sosial dan Konformitas dengan Perilaku Agresi pada Su-porter Sepakbola Persisam Putra Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(3), 140–147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i3.3324

Putri, N. N. (2019). Pengaruh sensation seeking, konformitas, usia dan pengalaman mendaki terhadap vandalisme pendaki gunung (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51161

Ridwan, S. A. F. (2017). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa Sekolah Menengah Pertama (Universitas Muhammadiyah Malang). Universitas Muhammadiyah Malang. Retrieved from https://eprints.umm.ac.id/43564/

Rijal, A. F., Anisah, L., & Widjanarko, M. (2021). Hubungan Antara Konformitas Dan Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Konsumtif Yang Terjadi Pada Anggota Komunitas Vanshead Kendal. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(3), 27. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5619

Romadhony, M. T., & Najlatun, N. (2019). Studi tentang Perilaku Vandalisme serta Penanganannya pada Siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Sampang. Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id.

Santrock, J. W. (2007). Adolescene: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sari, M. R. N. A. L. (2016). Hubungan antara Konformitas Negatif dengan Tindakan Vandalisme pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga (Universitas Kristen Satya Wacana). Universitas Kristen Satya Wacana. Retrieved from https://repository.uksw.edu/handle/123456789/9557

Sears, D. O., Fredman, J. L., & Peplau, L. A. (2009). Psikologi sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Soesilo, T. D. (2018). Penelitian Inferensial dalam Bidang Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Sugiyono, S., & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Bandung: CV. Alfabeta. Bandung: CV. Alfabeta.

Tianingrum, N. A., & Nurjannah, U. (2020). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Kenakalan Remaja Sekolah Di Samarinda. Jurnal Dunia Kesmas, 8(4), 275–282. https://doi.org/10.33024/jdk.v8i4.2270




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i2.10361

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.