PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN GAYA BELAJAR SISWA

Theodora Astrinia Putri Wirandini(1*), Umbu Tagela(2), Yustinus Windrawanto(3)

(1) Universitas Kristen Satya Wacana
(2) Universitas Kristen Satya Wacana
(3) Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author

Sari


This study aims to determine the effect of tutoring on understanding the learning styles of class XII students at SMK PGRI 2 Salatiga. This type of research is causal comparative research. In this study, the population was 84 students of class XII at SMK PGRI 2 Salatiga and the sample was taken using total sampling technique. Data collection in this study was revealed using a closed questionnaire instrument and the research data were analyzed using a simple linear regression technique with the help of the IBM SPSS Statistics 25.0 program. The results of this study indicate that there is a significant effect of tutoring on understanding the learning styles of class XII students at SMK PGRI 2 Salatiga. These results are proven by obtaining tcount > ttable (10.870 > 1.987) and a probability value (p) of (0.000 <0.05)

Kata Kunci


Learning guidance; Understanding of learning styles; SMK students

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andini, S. (2020). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Gaya Belajar Siswa Kelas X SMK Samudra Indonesia Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/16883 diakses November 2022

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinneka Cipta.

Astuti, R. N., Umbu, T., & Setyorini. (2022). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Pemahaman Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Boyolali. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Farid, M. M. (2014). Pengaruh motivasi belajar, gaya belajar, dan lingkungan belajar pada hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 142-156.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66-79.

Harahap, A. S. (2017). Pengaruh Layanan Informasi Bidang Bimbingan Belajar Terhadap Pemahaman Gaya Belajar Siswa Kelas VII MTs Islamiyah Medan. (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2264 diakses Oktober 2022

Nasution, S. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pramono, E., Budiono, A. N., & Aziz, A. (2020). Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekstrinsik. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 3(1), 1-6.

Soesilo, T.D. (2018). Penelitian Inferensial dalam Bidang Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press

Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Winkel, W.S & Sri H. 2012. Bimbingan dan Konseling di Istitusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i2.10358

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.