PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP PEAK PERFORMANCE PADA ATLET VOLI SURYA MUDA SALATIGA

Rizal Muadhoni(1*), Umbu Tagela(2), Yustinus Windrawanto(3)

(1) Universitas Kristen Satya Wacana
(2) Universitas Kristen Satya Wacana
(3) Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh self-efficacy terhadap peak performance atlet voli Surya Muda Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah causal comparative. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik total sampling, dengan jumlah subjek sebanyak 110 orang atlet sesuai dengan populasi penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik skala dengan 5 alternatif jawaban, yang mewakili 43 item variabel peak performance dan 24 item variabel self efficacy. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya pengaruh self efficacy terhadap peak performance atlet voli Surya Muda Salatiga. Hasil tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan juga thitung > ttabel (6,437 > 1,981). Pada penelitian ini juga diperoleh nilai R Square sebesar 0,277 yang artinya bahwa self efficacy berpengaruh sebesar 27,7% terhadap peak perfomance atlet voli Surya Muda Salatiga, sedangkan sisanya sebesar 72,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci


Self Efficacy; Peak Performance

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bandura, A. (2008). Self-Efficacy: The Exercise Of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, Z. (2015). Hubungan Self Efficacy Dengan Peak Performance Pada Atlet Sepakbola Sekolah Sepakbola (SSB) Yapora Pratama U-15 Dan U-17 Pekanbaru (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Diakses dari https://repository.uin-suska.ac.id/6543/

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Prambayu, A.N. (2017). Hubungan Antara Self Efficacy dan Peak Performance pada Atlet Bulu Tangkis di Purwokerto (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Diakses dari https://repository.ump.ac.id/6977/

Satiadarma, M.P. (2000). Dasar-dasar Psikologi Olahraga. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Setyobroto, S. (2011). Mental Training. Jakarta: Percetakan Solo.

Sirajuddin, I.S. (2020). Pengaruh self-efficacy terhadap peak performance pada atlet futsal SMA di Cileungsi (Skripsi, Universitas Negeri Jakarta). Diakses dari http://repository.unj.ac.id/10217/

Soesilo, T.D. (2018). Penelitian Inferensial dalam Bidang Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Wang, J. (2010). Olympic Coaching Psychology: Winning Strategies For All Athletes. Soccer Journal Kennesaw State University, 48-50.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i1.10341

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.