EFEKTIVITAS TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF DALAM KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SMA NEGERI 1 SANGKAPURA

Ainun Nazhirah(1*), Ayomg Lianawati(2)

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Sari


The purpose of the study was to determine the effectiveness of positive reinforcement techniques for learning motivation at SMA Negeri 1 Sangkapura. This study uses a quantitative approach with a single-subject method (single-subject design). In this study, students of classes XI-Mia 3 and 4 were used as an experimental sample, amounting to 2 students using the purposive sampling technique to get the results that they have low learning motivation potential. This research method uses a learning motivation questionnaire. The data analysis technique used descriptive statistics. The results showed that individual counseling services were given using positive reinforcement techniques for student learning. Effectively the two counselees have different results, counselee 1 overlap which is generated 0% while the second counselee 20%. Individual counseling services with positive reinforcement techniques can increase student learning motivation with the support of the results of data analysis.

Kata Kunci


Positive Reinforcement; Individual Counseling; motivation.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cahyani, Adhetya, Iin Diah Listiana, and Sari Puteri Deta Larasati. (2020). “Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3(01):123–40. doi: 10.37542/iq.v3i01.57.

Damanik, Bahrudi Efendi. (2019). “Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar.” Publikasi Pendidikan 9(1):46. doi: 10.26858/publikan.v9i1.7739.

Dewi, Yolanda Puspita, and &. Heru Mugiarso. (2020). “HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN EFIKASI DIRI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MELALUI KONSELING INDIVIDUAL DI SMK HIDAYAH SEMARANG.” JURNAL EDUKASI Jurnal Bimbingan Konseling 29–40.

Dr.Sugiyono, Prof. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. 1st ed. edited by Setiyawami. Bandung: Alfabeta,cv.

Jannah, Nurul, Mudjiran Mudjiran, and Herman Nirwana. (2015). “Hubungan Kecanduan Game Dengan Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling.” Konselor 4(4):200. doi: 10.24036/02015446473-0-00.

Jayadi, Gita Anggraini, and Dina Juniarti. (2020). “Mengatasi Motivasi Belajar Rendah Siswa Dengan Teknik Behavioral.” Paedagogie 8(2).

Mardilla, Maya, Darmiany Darmiany, and Husniati Husniati. (2021). “Hubungan Antara Reinforcement Positif Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 19 Rabangodu Utara Kota Bima.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6(3):537–45. doi: 10.29303/jipp.v6i3.289.

Mulyaningsih, Indrati Endang. (2014). “Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar the Influence of Social Interaction of Family Relationship , Achievement Motivation , and Independent Learning.” Jurnar Pendidikan Dan Kebudayaan 20(4):441–51.

Nurbaeti, Anne, Wikanengsih Wikanengsih, and Tita Rosita. (2021). “Profil Motivasi Belajar Siswa Withdrawal Smpn 1 Sucinaraja.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 4(2):89. doi: 10.22460/fokus.v4i2.6147.

Nurwahid, Mohammad. (2021). “Korelasi Antara Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online Dengan Hasil Belajar Matematika Di Masa Pandemi.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(2):1127–37. doi: 10.31004/cendekia.v5i2.596.

Octavia, Maria, Lisa Setia, S. D. Regina, Pacis Bogor, Program Studi, and Fakultas Pendidikan. (2020). “Kondisi Motivasi Belajar Rendah Dua Siswa Kelas Xi Sma Marie Joseph Kelapa Gading Tahun Ajaran 2018 / 2019.” 18(1):44–56.

Sumanto, Juang, Koji Takeuchi, and Hideo Nakata. (2005). “Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal.” CRICED University of Tsukuba 1–150.

Syachtiyani, Wulan Rahayu, and Novi Trisnawati. (2021). “Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1):90–101. doi: 10.37478/jpm.v2i1.878.

Zulfia, Risda, and Efrizal Syofyan. (2015). “Pengaruh Fasilitas Belajar Di Rumah, Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Di SMK Kabupaten Agam.” Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi 2(1):1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i1.10281

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.